Karhutla di Palangkaraya Hampir Setiap Hari Terjadi

Penulis : Aryo Bhawono

Karhutla

Jumat, 16 Juni 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Hampir setiap hari karhutla terjadi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Karhutla di kota ini sudah menghanguskan 23,45 hektar.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Heri Fauzi, Kalimantan Tengah menyebutkan karhutla di daerah setempat sepanjang Januari hingga pertengahan Juni 2023 menghanguskan sekitar 23 hektare lahan.

"Memang kami mencatat selama enam bulan ada 23,47 hektare, sedangkan peristiwa karhutla yang terjadi sebanyak 36 kali," katanya seperti dikutip dari AntaraKarhutla di kota ini sudah menghanguskan 23,45 hektar.

Karhutla di Palangka Raya hampir setiap hari terjadi di beberapa titik yang berbeda-beda. Personel BPBD Kota setempat bersama tim gabungan TNI, Polri, serta instansi terkait di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, turut membantu memadamkan api.

Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia merupakan bencana berulang, berdampak pada kesehatan masyarakat dan kerugian ekonomi. Foto: Greenpeace Indonesia

"Selama kejadian tim gabungan di lapangan selalu berhasil memadamkan kobaran api yang memakan lahan di sejumlah titik. Bahkan pemadaman juga ada yang menggunakan helikopter water bombing untuk mengatasi lokasi kejadian yang letaknya jauh dari jangkauan tim lapangan," ucapnya.

Hujan yang turun dalam beberapa hari ini cukup membantu pemadaman dan membasahi lahan yang saat ini dalam kondisi kering akibat terik matahari yang sangat panas beberapa minggu terakhir.

Setidaknya, kata dia, hujan bisa mengurangi potensi karhutla. Ia berharap karhutla tidak parah seperti tahun 2015, sehingga antisipasi terus dilakukan dengan berbagai cara.

"Semoga hujan dalam beberapa hari ini akan terus turun, sehingga karhutla di Kota Palangka Raya tidak setiap hari terjadi dan kota kita tidak menjadi penghasil asap yang bisa berdampak untuk aktivitas masyarakat yang berada di daerah setempat," ujar Heri.

Dari pantauan di lapangan, para tim gabungan baik itu BPBD Kota Palangka Raya serta TNI-Polri yang berada di setiap kelurahan terus siaga mengatasi ancaman karhutla. Bahkan tim gabungan tersebut juga gencar melakukan sosialisasi terkait karhutla kepada masyarakat secara masif.

SHARE