Sebanyak 16 Titik Panas Tersebar di Kaltim

Penulis : Aryo Bhawono

Karhutla

Senin, 12 Juni 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi 16 titik panas tersebar di Kalimantan Timur pada Sabtu (10/6/2023). Seluruh titik panas ini merupakan hasil pendeteksian baru yang berbeda dari 10 titik panas di hari sebelumnya.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG Balikpapan, Diyan Novrida, mengungkapkan seluruh titik panas ini terpantau sepanjang Sabtu mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA. 

Titik panas merupakan indikator kebakaran hutan atau lahan yang terdeteksi dari suatu lokasi yang memiliki suhu relatif tinggi dibandingkan suhu di sekitarnya. 

Ia mengimbau kepada semua pihak waspada agar tidak terjadi penambahan titik panas lagi. Masyarakat dan perkebunan tak boleh melakukan pembakaran saat mengelola lahan. Selain itu tak boleh membuang puntung rokok sembarangan di lahan maupun di hutan yang kering. 

Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia merupakan bencana berulang, berdampak pada kesehatan masyarakat dan kerugian ekonomi. Foto: Greenpeace Indonesia

Saat ini mendekati musim kemarau, sehingga akan banyak ranting dan daun kering yang mudah terbakar. Bahkan petani dan pekebun juga diimbau tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan. 

Sebaran 16 titik panas yang terpantau ini sudah diinformasikan ke pihak terkait, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat agar mendapat lebih lanjut. 

Seluruh titik panas yang terdeteksi sepanjang Sabtu merupakan titik panas baru  yang muncul di lokasi berbeda dengan titik koordinat yang berbeda pula. 

Ke-16 titik panas tersebut tersebar di empat daerah  yakni Balikpapan dan Kutai Kartanegara masing-masing satu, Kutai Timur 11 titik , dan Berau tiga titik. 

Rinciannya adalah titik panas di Balikpapan berada di Kecamatan Balikpapan Kota, di Kabupaten Kutai Kartanegara berada di Kecamatan Loa Kulu, di Berau tersebar di Kecamatan Gunung Tabur, Sambaliung, dan Teluk Bayur. 

"Di Kabupaten Kutai Timur yang terdeteksi 11 titik panas tersebar di dua kecamatan yakni Kecamatan Bengalon terdapat tujuh titik dan di Kecamatan Kaubun ada tiga titik panas," kata Diyan seperti dikutip dari Antara.

Dua hari sebelumnya, Jumat (9/6) pihaknya pun mendeteksi 10 titik panas di Kaltim dan tersebar di empat kabupaten yakni di Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Berau, dan Kabupaten Paser. 

SHARE