LIPUTAN KHUSUS:

Senin 3 Juli 2023 Jadi Hari Terpanas untuk Suhu Rata-rata Global


Penulis : Kennial Laia

Suhu global rata-rata mencapai 17,01C, melampaui rekor Agustus 2016 sebesar 16,92C (62,46F), saat gelombang panas mendesis di seluruh dunia.

Perubahan Iklim

Kamis, 06 Juli 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Hari Senin, 3 Juli 2023, adalah hari terpanas yang pernah tercatat secara global. Ini terungkap dari data Pusat Prediksi Lingkungan Nasional Amerika Serikat.

Suhu global rata-rata mencapai 17,01C, melampaui rekor Agustus 2016 sebesar 16,92C (62,46F), saat gelombang panas mendesis di seluruh dunia.

AS bagian selatan telah menderita di bawah kubah panas yang hebat dalam beberapa pekan terakhir di tengah cuaca ekstrem, kemungkinan didorong oleh krisis iklim akibat aktivitas manusia, kata para ahli. Di beberapa bagian China, gelombang panas terus berlanjut, dengan suhu di atas 35C. Afrika Utara mengalami suhu mendekati 50C. Di Timur Tengah, ribuan orang menderita panas terik yang tidak biasa selama ibadah haji di Arab Saudi.

Dan bahkan Antartika, saat ini di musim dinginnya, mencatat suhu yang sangat tinggi, di mana pencairan gletser semakin cepat dan matahari semakin intensif. Basis penelitian Vernadsky Ukraina, di kepulauan Argentina yang sangat beku, baru-baru ini memecahkan rekor suhu bulan Juli dengan pembacaan 8,7C.

Ilustrasi suhu panas. Foto: Shutterstock

Direktur eksekutif Global Climate and Health Alliance, Jeni Miller, yang berbasis di California, sebuah konsorsium internasional organisasi kesehatan, mengatakan orang-orang di seluruh dunia menanggung dampak iklim. Mulai dari gelombang panas, kebakaran hutan, dan polusi udara hingga banjir dan badai ekstrem. 

Pemanasan global juga memperburuk hilangnya panen dan penyebaran penyakit menular, serta migrasi manusia, tambah Miller. 

“Ekstraksi dan penggunaan batu bara, minyak, dan gas yang membahayakan kesehatan manusia, merupakan pendorong utama pemanasan dan tidak sesuai dengan masa depan iklim yang sehat,” kata Miller, dikutip Guardian, Rabu, 5 Juli 2023. 

“Itulah alasan utama mengapa pemerintah harus bersiap untuk mewujudkan komitmen di Cop28 untuk menghentikan semua bahan bakar fosil, dan transisi yang adil ke energi terbarukan untuk semua,” tambahnya. 

Ilmuwan iklim Friederike Otto dari Grantham Institute for Climate Change and the Environment di Britain's Imperial College London, mengatakan: "Ini adalah hukuman mati bagi manusia dan ekosistem."

Para ilmuwan menyesalkan krisis iklim, yang dipercepat oleh pola cuaca El Niño, yang terakhir diperingatkan oleh Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) PBB minggu ini telah dimulai. El Niño besar terakhir terjadi pada 2016, yang merupakan tahun terpanas dalam sejarah – hingga saat ini.