LIPUTAN KHUSUS:

Emisi Gas Rumah Kaca dari Industri Energi Global Masih Meningkat 


Penulis : Kennial Laia

Meskipun pertumbuhan angin dan matahari semakin kuat di sektor listrik, emisi gas rumah kaca terkait energi global secara keseluruhan meningkat lagi. Sehingga mendorong peningkatan emisi dari industri energi.

Energi

Kamis, 06 Juli 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Emisi gas rumah kaca dari industri energi terus meningkat ke level tertinggi baru tahun lalu. Menurut tinjauan komprehensif data energi global, hal ini tetap terjadi meskipun tenaga angin dan matahari mengalami pertumbuhan signifikan.  

Laporan tersebut, disusun oleh Energy Institute, menemukan bahwa bahan bakar fosil terus mencapai 82% dari total konsumsi energi dunia pada 2022. Angka ini sejalan dengan tahun sebelumnya, dan menyebabkan emisi gas rumah kaca meningkat sebesar 0,8% karena dunia menggunakan lebih banyak energi secara keseluruhan. 

Konsumsi energi global diperkirakan akan meningkat lebih lanjut di tahun depan. Ini berpotensi menghasilkan emisi gas rumah kaca yang lebih tinggi, setelah China mengakhiri pembatasan Covid yang ketat tahun ini. Kebijakan tersebut sebelumnya membatasi konsumsi bahan bakar jet.

“Meskipun pertumbuhan angin dan matahari semakin kuat di sektor listrik, emisi gas rumah kaca terkait energi global secara keseluruhan meningkat lagi. Dunia masih menuju arah yang berlawanan dengan yang disyaratkan oleh perjanjian Paris,” kata Presiden Energy Institute, Juliet Davenport, Senin, 26 Juni 2023. 

Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) bertenaga batu bara melepaskan emisi karbon dioksida, yang menjadi salah satu faktor terbesar pemanasan global saat ini. Foto: loe.org

Laporan tersebut, yang diterbitkan dalam kemitraan dengan KPMG dan konsultan Kearney, menemukan bahwa sumber energi terbarukan – tidak termasuk tenaga air – hanya memenuhi 7,5% permintaan energi dunia tahun lalu. Ini mewakili peningkatan hampir 1% dari tahun sebelumnya, didorong oleh rekor pertumbuhan energi angin dan matahari. Sementara itu pembangkit surya naik sebesar 25% pada tahun 2022, dan output tenaga angin tumbuh sebesar 13,5% dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun, pertumbuhan pesat energi terbarukan dikalahkan oleh kenaikan moderat dalam konsumsi energi global sebesar 1,1% tahun lalu, dibandingkan dengan kenaikan 5,5% pada tahun 2021. Ini berarti lebih banyak minyak dan batu bara dibakar untuk memenuhi permintaan, menurut laporan tersebut.

“Terlepas dari rekor pertumbuhan energi terbarukan, pangsa energi dunia yang masih berasal dari bahan bakar fosil tetap bertahan di angka 82%. Ini seharusnya menjadi seruan bagi pemerintah untuk mengambil tindakan lebih mendesak ke dalam transisi energi,” kata kepala energi dan sumber daya alam di KPMG, Simon Virley. 

Tahun lalu, permintaan minyak global naik 2,9 juta barel per hari, mencapai rata-rata 97,3 juta barel per hari untuk tahun 2022. Sebagian karena kembalinya aktivitas ekonomi global setelah pandemi Covid, menurut Energy Institute.

Pada saat yang sama, permintaan batu bara naik ke level tertinggi yang belum pernah terlihat sejak 2014, naik 0,6% dibandingkan 2021, didorong oleh permintaan di India dan China, kata laporan itu.

Nafsu akan tenaga batu bara meningkat sejalan dengan tingginya harga gas di Eropa dan Asia setelah invasi Rusia ke Ukraina. Gas menyumbang 24% dari penggunaan energi dunia tahun lalu, turun dari 25% tahun sebelumnya, namun produksi gas tetap relatif stabil.

Energy Institute memperingatkan bahwa emisi dari energi fosil berisiko menggagalkan tujuan perjanjian iklim Paris kecuali ada tindakan mendesak dari pemerintah global. Di bawah kesepakatan Paris, emisi harus turun setengahnya pada akhir dekade ini untuk menghindari bencana pemanasan global.

Richard Forrest, kepala keberlanjutan global di Kearney, mengatakan peningkatan emisi gas rumah kaca memperkuat perlunya "tindakan mendesak agar dunia berada di jalur yang tepat untuk memenuhi target Paris". Dia menambahkan bahwa kebutuhan akan energi bersih, terjangkau, dan aman sangat krusial saat ini.