LIPUTAN KHUSUS:

Dunia Masuk Zona Bahaya: Krisis Air dan Polusi Tak Terbendung


Penulis : Kennial Laia

Bumi semakin sakit, dengan masalah yang semakin mendesak. Ini termasuk krisis ketersediaan air, ekosistem yang tidak seimbang, hingga polusi aerosol yang semakin meningkat.

Perubahan Iklim

Senin, 12 Juni 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Aktivitas manusia telah mendorong dunia ke dalam zona bahaya. Menurut analisis terbaru dari sekelompok ilmuwan, ini terlihat dari berbagai masalah yang semakin mendesak, mulai dari krisis air hingga polusi aerosol yang terus meningkat. 

Laporan tersebut terbit di jurnal Nature dan disusun oleh kelompok ilmuwan Earth Commission, Rabu, 31 Mei 2023. Analisis tidak hanya melihat gangguan iklim, melainkan krisis air, pemuatan nutrisi, pemeliharaan ekosistem, dan polusi. Ini menimbulkan ancaman terhadap stabilitas sistem pendukung kehidupan dan memperburuk kesetaraan sosial.

Studi ini juga disebut sebagai sebuah terobosan, dan merupakan upaya paling ambisius untuk menggabungkan tanda-tanda vital kesehatan planet dengan indikator kesejahteraan manusia. Para ilmuwan pun menemukan bahwa tujuh dari delapan indikator kesehatan bumi telah terlampaui.

“Ini adalah upaya untuk melakukan penilaian sains interdisipliner terhadap seluruh sistem manusia-planet, yang merupakan sesuatu yang harus kita lakukan mengingat risiko yang kita hadapi,” kata Prof Johan Rockström, salah satu penulis utama, dikutip Guardian.  

Anak muda menggelar aksi iklim saat Hari Bumi 2022 Mei lalu di Jakarta. Dok 350 Indonesia

“Kita telah mencapai apa yang saya sebut titik jenuh di mana kita mencapai batas atas kapasitas biofisik sistem Bumi untuk tetap dalam keadaan stabilnya. Kita mendekati titik kritis, dan kami melihat semakin banyak kerusakan permanen pada sistem pendukung kehidupan pada skala global,” terang Rockström. 

Earth Commission, yang didirikan oleh lusinan lembaga penelitian terkemuka dunia, menginginkan analisis untuk membentuk tulang punggung ilmiah dari target dan praktik keberlanjutan generasi berikutnya, yang melampaui fokus pada iklim, dan memasukkan indeks lain dan keadilan lingkungan. Kelompok ini berharap kota dan bisnis akan mengadopsi target sebagai cara untuk mengukur dampak dari kegiatan mereka.

Studi tersebut menetapkan serangkaian tolok ukur "aman dan adil" untuk planet bumi yang dapat dibandingkan dengan tanda-tanda vital tubuh manusia. Alih-alih denyut nadi, suhu dan tekanan darah, para ilmuwan melihat indikator seperti aliran air, penggunaan fosfor, dan konversi lahan.

Batasan tersebut didasarkan pada sintesis studi sebelumnya oleh universitas dan kelompok sains PBB, seperti Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) dan Platform Kebijakan Sains Antarpemerintah tentang Layanan Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem.

Sebagai hasil, para ilmuwan menemukan bahwa situasinya parah di hampir setiap kategori. Untuk iklim, dunia telah mengadopsi target untuk menjaga pemanasan global serendah mungkin antara 1,5C hingga 2C di atas tingkat pra-industri. Earth Commission mencatat bahwa ini adalah tingkat yang berbahaya karena banyak orang sudah sangat terpengaruh oleh panas ekstrem, kekeringan, dan banjir yang datang dengan tingkat saat ini sekitar 1,2C. 

Para ilmuwan mengatakan target iklim yang aman dan adil adalah 1C, yang membutuhkan upaya besar-besaran untuk menarik karbon dioksida dari atmosfer. Mereka mencatat tidak mungkin untuk menstabilkan iklim tanpa melindungi ekosistem.

Untuk mencapai hal ini, batas “aman dan adil” adalah 50 hingga 60% dari dunia menjadi rumah bagi sebagian besar ekosistem alami. Namun kenyataannya, hanya 45 hingga 50% planet ini yang memiliki ekosistem utuh. 

Di daerah yang diubah manusia, seperti pertanian, kota, dan kawasan industri, Earth Commission mengatakan setidaknya 20 hingga 25% lahan perlu dikhususkan untuk habitat semi-alami seperti taman, peruntukan, dan kelompok pohon untuk menjaga layanan ekosistem seperti penyerbukan, pengaturan kualitas air, pengendalian hama dan penyakit, dan manfaat kesehatan dan kesehatan mental yang diberikan oleh akses ke alam. Namun, sekitar dua pertiga lanskap yang diubah gagal memenuhi tujuan ini.

Sasaran lainnya adalah polusi aerosol, yang terakumulasi dari knalpot mobil, pabrik, dan pembangkit listrik batu bara, minyak dan gas. Di tingkat global, laporan tersebut berfokus pada meminimalkan ketidakseimbangan konsentrasi aerosol antara belahan bumi utara dan selatan, yang dapat mengganggu musim monsun dan pola cuaca lainnya. 

Di tingkat lokal, misalnya di kota-kota, harus mengikuti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam menetapkan batas 15 mikrogram per meter kubik rata-rata paparan tahunan terhadap partikel kecil, yang dikenal sebagai PM2.5, yang dapat merusak paru-paru dan jantung. 

Para ilmuwan mengatakan bahwa ini adalah masalah keadilan sosial karena komunitas yang lebih miskin, seringkali didominasi oleh orang kulit hitam, cenderung menderita akibat yang paling buruk karena banyak ditemukan di daerah yang rentan.

Tolok ukur untuk air permukaan adalah bahwa tidak lebih dari 20% aliran sungai dan sungai diblokir di setiap daerah tangkapan. Lantaran ini menyebabkan penurunan kualitas air dan hilangnya habitat spesies air tawar. “Batas aman” ini telah dilampaui di sepertiga daratan dunia oleh bendungan pembangkit listrik tenaga air, sistem drainase, dan konstruksi. 

Para ilmuwan juga menemukan situasi yang sama buruk terkait sistem air tanah, di mana batas amannya adalah bahwa akuifer tidak terkuras lebih cepat daripada yang dapat diisi ulang. Namun, 47% dari cekungan sungai dunia sedang menurun pada tingkat yang mengkhawatirkan. Ini adalah masalah besar di pusat populasi seperti Mexico City dan area pertanian intensif seperti Dataran China Utara.

Nutrisi adalah bidang lain yang menjadi perhatian karena petani di negara-negara kaya menyemprotkan lebih banyak nitrogen dan fosfor daripada yang dapat diserap oleh tanaman dan tanah. Untuk sementara praktik ini meningkatkan hasil panen, tetapi menyebabkan limpasan ke sistem air yang tercekik oleh ganggang mekar dan tidak sehat untuk diminum manusia. 

Keadilan global adalah kunci, kata laporan itu. Negara yang lebih miskin membutuhkan lebih banyak pupuk, sementara negara kaya perlu mengurangi surplus. Seimbang, “batas yang aman dan adil” dalam hal ini adalah surplus global sebesar 61 juta ton nitrogen dan sekitar 6 juta ton fosfor.

Para penulis mengatakan diagnosis planet itu suram tetapi belum lepas dari harapan, meskipun waktu untuk penyembuhan sudah hampir habis.

Joyeeta Gupta, ketua bersama Earth Commission dan profesor lingkungan dan pembangunan di selatan global di University of Amsterdam, mengatakan: “Dokter kami akan mengatakan Bumi benar-benar sakit saat ini di banyak area. Dan ini mempengaruhi orang-orang yang hidup di Bumi. Kita tidak hanya harus mengatasi gejalanya, tetapi juga penyebabnya.”

David Obura, anggota lain dari komisi dan direktur penelitian dan pengembangan lautan pesisir di Samudera Hindia, mengatakan kerangka kebijakan sudah ada untuk kembali ke batas aman melalui tujuan perjanjian iklim dan keanekaragaman hayati PBB yang ada. Namun dia menekankan bahwa pilihan konsumsi juga perlu memainkan peran penting.

“Ada beberapa obat yang bisa kita minum, tapi kita juga butuh perubahan gaya hidup – lebih sedikit daging, lebih banyak air, dan pola makan yang lebih seimbang,” katanya. “Itu mungkin dilakukan. Kekuatan regeneratif alam sangat kuat… tetapi kita membutuhkan lebih banyak komitmen.”

Guardian