LIPUTAN KHUSUS:

Deretan Negara Arab Penghasil Limbah Makanan Tertinggi di Dunia


Penulis : Sandy Indra Pratama

Volume limbah makanan global mencapai 931 juta ton pada 2019, 40 juta di antaranya berasal dari negara-negara Arab.

Sampah

Kamis, 18 Maret 2021

Editor :

BETAHITA.ID -  Limbah makanan atau food waste nyatanya masih menjadi masalah di berbagai belahan dunia. Volume limbah makanan global mencapai 931 juta ton pada 2019, 40 juta di antaranya berasal dari negara-negara Arab.

Hal ini diumumkan dalam dalam sebuah laporan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) di awal bulan ini.

Menurut organisasi internasional, Mesir menempati urutan pertama, dengan total sembilan juta ton makanan terbuang pada 2019.

Irak berada di urutan kedua, dengan 4,73 juta ton limbah makanan, diikuti oleh Sudan (4,16 juta ton), Aljazair (3,91 juta) ton), Arab Saudi (3,59 juta ton), Maroko (3,31 juta ton), Yaman (3,02 juta ton), Suriah (1,77 juta ton), Tunisia (1,06 juta ton). Yordania, Uni Emirat Arab, Lebanon, Libya, Palestina, Oman, Mauritania, Kuwait, Qatar, dan Bahrain masing-masing memiliki limbah makanan paling sedikit.

Ilustrasi sampah makanan. Foto: Shutterstock.com

Dikutip dari Middle East Monitor, laporan tersebut juga menyebutkan bahwa rumah tangga bukan satu-satunya yang bertanggung jawab atas limbah makanan.

"Pembuangan makanan terjadi di sepanjang rantai pasokan makanan dari panen hingga, tetapi tidak termasuk, tingkat ritel. Pemborosan makanan terjadi di tingkat ritel, layanan makanan dan konsumsi."

"Laporan tersebut memperkirakan bahwa limbah makanan dari rumah tangga, perusahaan ritel, dan industri layanan makanan berjumlah 931 juta ton setiap tahun. Hampir 570 juta ton limbah ini terjadi di tingkat rumah tangga," jelasnya.

UNEP menekankan bahwa mereka berusaha mengurangi limbah makanan hingga setengahnya pada tahun 2030.

CNN INDONESIA|