LIPUTAN KHUSUS:

Hampir 2.000 Anak Meninggal Setiap Hari Akibat Polusi Udara 


Penulis : Kennial Laia

Polusi udara kini menjadi faktor penyebab kematian kedua di dunia. Di Indonesia bertanggungjawab atas 221.600 kematian.

Polusi

Kamis, 20 Juni 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Hampir 2.000 anak balita meninggal setiap hari akibat polusi udara. Dampak pencemaran udara juga telah melampaui sanitasi buruk dan kurangnya air bersih dan menjadi faktor risiko kesehatan terbesar kedua bagi anak-anak di seluruh dunia.

Menurut sebuah studi baru dari Health Effects Institute (HEI), lebih dari 8 juta kematian, baik anak-anak maupun orang dewasa, disebabkan oleh polusi udara pada 2021, baik polusi di luar ruangan maupun dalam ruangan. Bahkan udara kotor kini menjadi pembunuh terbesar kedua secara global, melampaui penggunaan tembakau, dan nomor dua setelah tekanan darah tinggi, sebagai faktor risiko kematian pada masyarakat secara umum. Di antara anak-anak balita, polusi udara menempati urutan kedua setelah kekurangan gizi sebagai faktor risiko kematian.

Laporan State of Global Air tahun ini, yang diterbitkan oleh HEI sejak 2017, dan dibuat tahun ini bekerja sama dengan Unicef, juga menunjukkan bahwa anak-anak di negara-negara miskin menderita dampak terburuk. Angka kematian terkait polusi udara pada anak balita 100 kali lebih tinggi di sebagian besar Afrika dibandingkan di negara-negara berpendapatan tinggi.

Pallavi Pant, penulis utama laporan dan kepala kesehatan global di HEI, menyebut kesenjangan besar yang terungkap dalam laporan tersebut. “Terlalu banyak beban yang ditanggung oleh anak-anak, masyarakat lanjut usia, dan negara-negara berpendapatan rendah dan menengah,” ujarnya dalam sebuah rilis, Selasa, 18 Juni 2024. 

Anak-anak bercengkerama di tengah asap saat kebakaran hutan dan lahan. Foto: Ardiles Rante/Greenpeace

Partikel kecil yang disebut PM2.5 – yang berarti diameternya lebih kecil dari 2,5 mikrometer – merupakan penyebab lebih dari 90% kematian akibat polusi udara global, menurut laporan tersebut. Partikel PM2.5 dapat memasuki aliran darah dan diketahui memengaruhi organ di seluruh tubuh. Partikel ini tidak hanya berhubungan dengan penyakit paru-paru, tetapi juga penyakit jantung, stroke, diabetes, demensia, dan keguguran.

Laporan tersebut menunjukkan betapa luas dan merusaknya prevalensi polusi PM2.5, dan menemukan bahwa peningkatan kadar partikel halus kini menjadi “prediktor yang paling konsisten dan akurat terhadap hasil kesehatan yang buruk” di seluruh dunia.

Faktanya, PM2.5 (baik dari lingkungan maupun rumah tangga) merupakan kontributor terbesar terhadap beban penyakit polusi udara di seluruh dunia, menyebabkan 7,8 juta kematian, atau lebih dari 90% dari total beban penyakit polusi udara. Secara keseluruhan, pada 2021 terdapat lebih banyak kematian terkait polusi udara dibandingkan perkiraan pada tahun sebelumnya, yang menunjukkan bahwa beban penyakit akibat polusi udara terus meningkat. Sementara itu hampir 490 ribu kematian disebabkan oleh ozon.

Data. Health Effects Institute (HEI)

Negara-negara di Asia Selatan dan Afrika Timur, Barat, Tengah, dan Selatan mengalami beban penyakit terbesar yang terkait dengan polusi udara. Dengan populasi masing-masing lebih dari 1 miliar, India (2,1 juta kematian) dan Tiongkok (2,3 juta kematian) bersama-sama menyumbang 54% dari total beban penyakit global. 

Negara-negara lain yang terkena dampak besar adalah Pakistan (256.000 kematian), Myanmar (101.600 kematian), dan Bangladesh (236.300 kematian) di Asia Selatan; Indonesia (221.600 kematian), Vietnam (99.700 kematian), dan Filipina (98.209 kematian) di Asia Tenggara; dan Nigeria (206.700 kematian) dan Mesir (116.500 kematian) di Afrika.

Kitty van der Heijden, wakil direktur eksekutif Unicef, mengatakan urgensi global dibutuhkan untuk menghadapi parahnya polusi udara di seluruh dunia. “Kelambanan kita untuk bertindak mempunyai dampak besar pada generasi berikutnya, yang berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan seumur hidup,” katanya. 

“Urgensi global tidak dapat disangkal. Sangat penting bagi pemerintah dan dunia usaha untuk mempertimbangkan perkiraan ini dan data yang tersedia secara lokal dan menggunakannya untuk memberikan masukan bagi tindakan yang bermakna dan berfokus pada anak-anak guna mengurangi polusi udara dan melindungi kesehatan anak-anak.”

Krisis iklim memperburuk polusi udara

Dampak krisis iklim juga memperburuk kualitas udara, menurut HEI. Laporan tersebut menemukan bahwa “kekeringan menjadi lebih parah dan berkepanjangan, dan lahan menjadi semakin kering, kebakaran hutan menghancurkan hutan yang pernah tumbuh subur, dan badai debu berdampak pada dataran yang luas, memenuhi udara dengan partikel-partikel yang bertahan dalam jangka waktu yang lama.”

Suhu yang lebih tinggi di musim panas juga dapat memperburuk dampak polutan di udara seperti nitrogen oksida, yang pada suhu tinggi dapat lebih mudah berubah menjadi ozon, gas yang mengiritasi jika dihirup. Paparan ozon dalam jangka panjang berkontribusi terhadap hampir setengah juta kematian pada tahun 2021, menurut laporan tersebut.

Mengatasi polusi udara juga dapat memberikan dampak menguntungkan terhadap iklim. Sekitar setengah juta kematian anak-anak pada 2021 terkait dengan udara kotor di dalam ruangan, terutama akibat memasak dengan bahan bakar kotor, termasuk biomassa, arang, parafin, dan batu bara. Beralih ke bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, seperti kompor tenaga surya, dapat mengurangi emisi PM2.5 serta emisi karbon dioksida secara signifikan.

Polusi udara dalam angka tahun 2024. Data. HEI

Sekitar 2,3 miliar orang di seluruh dunia tidak memiliki akses terhadap bahan bakar memasak yang ramah lingkungan. Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan dibutuhkan sekitar $4 miliar per tahun antara saat ini hingga 2030 untuk menyelesaikan masalah di Afrika Sub-Sahara saja. Bulan lalu mereka mengadakan pertemuan puncak global yang mengumpulkan $2,2 miliar untuk proyek-proyek yang membantu menggerakkan masyarakat di seluruh benua menuju metode yang lebih bersih.

Fatih Birol, direktur eksekutif IEA, mengatakan masalah ini perlu dilihat sebagai prioritas global bagi pemerintah, yang berdampak pada kesehatan, iklim dan perekonomian nasional, serta kesetaraan gender, karena perempuan dan anak perempuan sering kali diberi tugas untuk melakukan hal untuk mencari kayu bakar. “Ini adalah masalah yang sudah terlalu lama diabaikan,” katanya.

Laporan State of Global Air menggunakan data dari studi Global Burden of Disease pada 2021, yang mencakup lebih dari 200 negara dan wilayah di seluruh dunia. Laporan sebelumnya menemukan bahwa hampir setiap orang menghirup polusi udara dalam tingkat yang tidak sehat setiap hari, dan setengah juta bayi terbunuh setiap tahunnya karena udara kotor.