LIPUTAN KHUSUS:

Dampak Perubahan Iklim: Kerugian Ekonomi 6x Lebih Besar


Penulis : Kennial Laia

Dampak ekonomi dari bencana yang terkait dengan perubahan iklim, seperti gelombang panas dan banjir bandang, akan seragam di seluruh dunia.

Perubahan Iklim

Selasa, 21 Mei 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Riset terbaru mengungkap bahwa kerusakan ekonomi akibat perubahan iklim enam kali lebih buruk dari perkiraan sebelumnya. Pemanasan global, menurut riset ini, akan menyusutkan kekayaan pada tingkat yang konsisten dengan tingkat kerugian finansial yang luar biasa. 

Menurut penelitian tersebut, peningkatan suhu global sebesar 1C menyebabkan penurunan produk domestik bruto (PDB) dunia sebesar 12%. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan analisis sebelumnya. Suhu dunia telah meningkat lebih dari 1C sejak masa pra-industri dan banyak ilmuwan iklim memperkirakan kenaikan 3C akan terjadi pada akhir abad ini karena terus berlanjutnya pembakaran bahan bakar fosil. Konsekuensinya, negara-negara akan menanggung kerugian ekonomi yang sangat besar.

Peningkatan suhu sebesar 3C akan menyebabkan “penurunan tajam dalam output, modal dan konsumsi yang melebihi 50% pada 2100” menurut laporan tersebut. Kerugian ekonomi ini sangat parah sehingga “sebanding dengan kerusakan ekonomi yang disebabkan oleh perang di dalam negeri secara permanen”.

“Pertumbuhan ekonomi masih akan terjadi, namun pada akhir abad ini masyarakat mungkin akan menjadi 50% lebih miskin dibandingkan jika bukan karena perubahan iklim,” kata Adrien Bilal, ekonom di Harvard yang menulis laporan tersebut, Senin, 20 Mei 2024. 

Indonesia semakin sering mengalami bencana hidrometeorologi akibat perubahan iklim. Foto udara menunjukkan situasi usai banjir bandang melanda Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada September 2020. Dok Teguh Pratama/Tim Reaksi Cepat BNPB

Bilal mengatakan bahwa daya beli akan menjadi 37% lebih tinggi dibandingkan sekarang tanpa adanya pemanasan global selama 50 tahun terakhir. Hilangnya kekayaan ini akan semakin meningkat jika krisis iklim semakin parah, serupa dengan terkurasnya perekonomian yang sering terjadi pada masa perang.

“Mari kita perjelas bahwa perbandingan dengan perang hanya dalam hal konsumsi dan PDB – semua penderitaan dan kematian akibat perang adalah hal yang penting dan tidak termasuk dalam analisis ini,” kata Bilal. 

Makalah tersebut memberikan perkiraan kerugian ekonomi yang jauh lebih tinggi dibandingkan penelitian sebelumnya, dengan menghitung biaya sosial karbon, yaitu biaya atas kerusakan yang terjadi per setiap ton tambahan emisi karbon, sebesar $1.056 per ton. Angka ini sebanding dengan kisaran yang ditetapkan oleh Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) yang memperkirakan biayanya sekitar $190 per ton.

Bilal mengatakan penelitian baru ini mengambil pandangan yang lebih “holistik” terhadap dampak ekonomi dari perubahan iklim dengan menganalisisnya dalam skala global, bukan pada skala masing-masing negara. Pendekatan ini, katanya, menangkap sifat saling terkait dari dampak gelombang panas, badai, banjir, dan dampak buruk iklim lainnya yang merusak hasil panen, menurunkan produktivitas pekerja, dan mengurangi investasi modal.

Makalah ini menemukan bahwa dampak ekonomi dari krisis iklim akan seragam di seluruh dunia, meskipun negara-negara berpendapatan rendah memiliki tingkat kekayaan yang lebih rendah. Hal ini seharusnya memacu negara-negara kaya seperti AS, untuk mengambil tindakan dalam mengurangi emisi pemanasan global demi kepentingan ekonomi mereka sendiri.

Bahkan dengan pengurangan emisi yang besar sekalipun, perubahan iklim akan menimbulkan dampak ekonomi yang besar, demikian temuan makalah tersebut. Sekalipun pemanasan global dapat dikendalikan hingga kurang dari 1,5C pada akhir abad ini, yang merupakan tujuan yang disepakati secara global namun kini tampaknya tidak tercapai, kerugian PDB masih sekitar 15%.

“Angka itu masih besar,” kata Bilal. “Perekonomian mungkin terus tumbuh, namun pertumbuhannya akan berkurang karena perubahan iklim. Ini akan menjadi fenomena yang berlangsung lambat, meskipun dampaknya akan sangat terasa ketika terjadi.”

Penelitian terpisah yang dirilis bulan lalu yang menemukan bahwa pendapatan rata-rata akan turun hampir seperlima dalam 26 tahun ke depan dibandingkan dengan pendapatan rata-rata tanpa krisis iklim. Meningkatnya suhu, curah hujan yang lebih tinggi, dan cuaca ekstrem yang lebih sering dan intens diperkirakan menyebabkan kerusakan senilai $38 triliun setiap tahun pada pertengahan abad ini, menurut studi tersebut.