Studi Masyarakat Adat: Bahagia Itu Tidak Mahal

Penulis : Kennial Laia

Masyarakat Adat

Minggu, 11 Februari 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Banyak masyarakat adat dan komunitas lokal di seluruh dunia menjalani kehidupan yang sangat memuaskan meski hanya mempunyai sedikit uang. Hal ini merupakan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan oleh Institut Sains dan Teknologi Lingkungan dari Universitat Autònoma de Barcelona (ICTA-UAB), yang menunjukkan bahwa banyak masyarakat dengan pendapatan moneter yang sangat rendah memiliki tingkat kepuasan hidup yang sangat tinggi, sebanding dengan masyarakat di negara kaya. 

Pertumbuhan ekonomi sering kali dianggap sebagai cara yang pasti untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di negara-negara berpenghasilan rendah. Survei global beberapa dekade terakhir mendukung strategi ini dengan menunjukkan bahwa masyarakat di negara-negara berpenghasilan tinggi cenderung melaporkan tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi dibandingkan di negara-negara berpendapatan rendah. Korelasi ini seolah-olah menunjukkan bahwa hanya masyarakat kaya yang bisa bahagia.

Namun, penelitian terbaru yang dilakukan oleh ICTA-UAB bekerja sama dengan McGill University di Kanada menunjukkan bahwa mungkin ada alasan bagus untuk mempertanyakan apakah hubungan ini bersifat universal. Meskipun sebagian besar jajak pendapat global, seperti Laporan Kebahagiaan Dunia (World Happiness Report), mengumpulkan ribuan tanggapan dari warga masyarakat industri, jajak pendapat tersebut cenderung mengabaikan masyarakat yang berada di masyarakat pinggiran, di mana pertukaran uang hanya memainkan peran minimal dalam kehidupan sehari-hari dan penghidupan mereka bergantung langsung pada alam.

Penelitian tersebut, diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), terdiri dari survei terhadap 2.966 orang dari komunitas pribumi dan lokal di 19 lokasi yang tersebar secara global. Hanya 64% rumah tangga yang disurvei mempunyai pendapatan tunai. 

Anak-anak masyarakat adat Papua di kampung ekowisata Malagufuk, Distrik Makbon, Sorong, Papua Barat. Dok Kennial Laia/Betahita

Hasilnya menunjukkan bahwa “yang mengejutkan, banyak populasi dengan pendapatan moneter yang sangat rendah melaporkan tingkat kepuasan hidup rata-rata yang sangat tinggi, dengan skor yang sama dengan negara-negara kaya,” kata Eric Galbraith, peneliti di ICTA-UAB dan McGill University dan penulis utama laporan tersebut, dikutip dari Phys.org, Selasa, 6 Februari 2024.

Skor kepuasan hidup rata-rata di masyarakat skala kecil yang diteliti adalah 6,8 pada skala 0–10. Meskipun tidak semua masyarakat melaporkan tingkat kepuasan yang tinggi—rata-ratanya serendah 5,1—empat dari situs tersebut melaporkan skor rata-rata lebih tinggi dari 8, yang merupakan ciri khas negara-negara Skandinavia yang kaya dalam jajak pendapat lainnya. "Memang demikian adanya, meskipun banyak dari masyarakat tersebut mempunyai sejarah penderitaan marginalisasi dan penindasan,” tulis studi tersebut. 

Hasilnya konsisten dengan gagasan bahwa masyarakat manusia dapat mendukung kehidupan yang sangat memuaskan bagi anggotanya tanpa harus memerlukan kekayaan materi dalam jumlah besar, yang diukur dalam istilah moneter.

“Korelasi kuat yang sering diamati antara pendapatan dan kepuasan hidup tidak bersifat universal dan membuktikan bahwa kekayaan—seperti yang dihasilkan oleh negara-negara industri maju—pada dasarnya tidak diperlukan bagi manusia untuk menjalani hidup bahagia,” kata Victoria Reyes-Garcia, peneliti ICREA di ICTA-UAB dan penulis senior penelitian ini.

Temuan ini merupakan kabar baik bagi keberlanjutan dan kebahagiaan manusia, karena memberikan bukti kuat bahwa pertumbuhan ekonomi yang intensif sumber daya tidak diperlukan untuk mencapai tingkat kesejahteraan subjektif yang tinggi.

Para peneliti menyoroti bahwa, meskipun mereka sekarang mengetahui bahwa masyarakat di banyak komunitas pribumi dan lokal melaporkan tingkat kepuasan hidup yang tinggi, mereka tidak mengetahui alasannya.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa dukungan keluarga dan sosial serta hubungan, spiritualitas, dan hubungan dengan alam merupakan beberapa faktor penting yang mendasari kebahagiaan ini. 

“Tetapi ada kemungkinan bahwa faktor-faktor penting tersebut berbeda secara signifikan antar masyarakat atau, sebaliknya, sejumlah kecil sebagian faktor mendominasi di mana-mana,” kata Galbraith. 

“Saya berharap, dengan mempelajari lebih lanjut tentang apa yang membuat kehidupan di komunitas yang beragam ini, hal ini dapat membantu banyak orang lain untuk menjalani kehidupan yang lebih memuaskan sambil mengatasi krisis keberlanjutan,” ujar Galbraith.

SHARE