Unilever dan 130 Perusahaan Dunia Desak Penghentian Energi Fosil

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Energi

Rabu, 01 November 2023

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID - Menjelang COP28, 131 perusahaan dunia, termasuk Nestle dan Unilever, yang mewakili hampir $1 triliun pendapatan tahunan global, mendesak pemerintah berbagai negara untuk mengatasi penyebab utama perubahan iklim, yang tak lain adalah pembakaran bahan bakar fosil. Desakan tersebut disampaikan melalui sebuah surat terbuka, yang penerbitannya dikoordinasikan oleh We Mean Business Coalition dan para mitranya melalui kampanye Fossil to Clean.

Dalam surat tersebut sejumlah perusahaan yang mewakili $987 miliar dalam pendapatan tahunan global, merayakan pertumbuhan eksponensial solusi yang telah membuat energi bersih lebih murah dan lebih mudah diakses daripada sebelumnya. Namun, emisi global terus meningkat karena penyebab utama perubahan iklim belum diatasi. Itu adalah: pembakaran bahan bakar fosil.

"Bisnis kami merasakan dampak dan biaya yang ditimbulkan oleh meningkatnya peristiwa cuaca ekstrem akibat perubahan iklim. Kami menyadari perlunya melakukan transisi dengan cara yang dapat melindungi kemakmuran bersama di masa depan di planet yang layak huni," kata perusahaan-perusahaan itu.

"Hal ini berarti mengurangi emisi kami, mengadopsi solusi bersih, dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil untuk membatasi pemanasan global sesuai dengan tujuan akhir Perjanjian Paris sebesar 1,5°C," ujar mereka.

Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) bertenaga batu bara melepaskan emisi karbon dioksida, yang menjadi salah satu faktor terbesar pemanasan global saat ini. Foto: loe.org

Sebagai pembeli dan pengguna energi dalam sistem global, perusahaan-perusahaan itu merasa memiliki peran penting dalam mengirimkan sinyal yang jelas tentang penggunaan energi di masa depan, yang dengan cepat menjadi lebih bersih melalui energi terbarukan. Perusahaan-perusahaan ini mengambil tindakan dan berupaya untuk menghentikan penggunaan bahan bakar fosil secara bertahap.

"Itulah sebabnya kami menetapkan target berbasis sains, mengembangkan rencana aksi transisi iklim, berinvestasi pada solusi nol-nol, dan mengungkapkan kemajuan kami. Tindakan iklim baik untuk bisnis saat ini dan di masa depan," kata mereka.

Untuk mendekarbonisasi sistem energi global, mereka perlu meningkatkan energi bersih secepat menghentikan penggunaan dan produksi bahan bakar fosil. Hal ini berarti mempercepat revolusi energi terbarukan, melistriki sektor-sektor utama, dan meningkatkan efisiensi secara besar-besaran, sehingga menciptakan kondisi untuk transisi yang cepat, terkelola dengan baik, dan adil dari bahan bakar fosil. Transisi menuju nol karbon dapat meningkatkan PDB global sebesar 4% pada 2030.

"Namun, kita tidak dapat melakukan transisi ini dengan aman dan efisien sendirian. Lembaga keuangan, produsen bahan bakar fosil, dan pemerintah memiliki peran penting dalam hal ini," kata mereka.

Ke-131 perusahaan itu mengeluarkan desakan sebagai berikut:

  • Lembaga keuangan untuk bekerja sama dengan kami, dan dengan para pembuat kebijakan, untuk memastikan bahwa modal dialokasikan untuk mempercepat transisi energi bersih, menciptakan sistem keuangan yang melindungi pertumbuhan dan keuntungan di masa depan bagi manusia dan planet ini.
  • Produsen bahan bakar fosil untuk bergabung dalam menetapkan target nol bersih berbasis sains dan mengembangkan serta mempublikasikan rencana transisi mengenai langkah-langkah jangka pendek dan jangka panjang untuk mendekarbonisasi operasi, produk, dan layanan bisnis. Hal ini termasuk mengalihkan investasi dari bahan bakar fosil ke energi bersih untuk mengurangi separuh emisi gas rumah kaca pada 2030 dan memungkinkan sistem energi global nol-nol pada pertengahan abad ini.
  • Pemerintah menetapkan kondisi, kebijakan, peraturan dan investasi yang memungkinkan untuk transisi energi bersih yang adil. Keputusan yang diambil hari ini sangat penting untuk melindungi masyarakat dan memastikan masa depan yang layak huni, sehat, dan sejahtera. Kepastian kebijakan akan memungkinkan dunia usaha untuk mengembangkan alternatif jangka pendek yang terjangkau dan dapat diandalkan sebagai pengganti bahan bakar fosil untuk operasi dan rantai pasokan mereka.

"Kami menyerukan kepada semua pihak yang menghadiri COP28 di Dubai untuk mencari hasil yang akan menjadi dasar untuk mengubah sistem energi global menuju penghentian bahan bakar fosil secara menyeluruh dan mengurangi separuh emisi dalam dekade ini. Hal ini dapat dilakukan dengan menyetujui target global untuk melipatgandakan kapasitas listrik terbarukan menjadi setidaknya 11.000 GW dan menggandakan tingkat penerapan efisiensi energi pada tahun 2030," kata mereka.

Daftar 131 Perusahaan yang Mendesak Penghentian Penggunaan Energi Fosil

A³&Co.®️

Fortum Corporation

Paulig Group

Abstrakt Creative Ltd

Frog Bikes

Planet Mark

ACCIONA, S.A.

Gisgns Flow

Porteous Groundworks Ltd

Achieve Goal 12

Glovoapp23

Portt & Co

Agilino

Godrej Industries Limited

Poste Italiane

Alchemi Group

H2 Green Steel

Pro Adventure Ltd

Alfa Laval

HEINEKEN

Proximus

Anetic Aid Ltd

Helen Ltd

ReNew

Anode

Hewlett Packard Enterprise

Royal Philips

Anne Veck Ltd

Hive19

SAP SE

AstraZeneca

Hornsbury Mill

Scania Group

Atlassian

Hybrid Hippie

Schüco International KG

Autumn Dahlia Creative Services

Iberdrola

Sense-Lab

Avocado Green Mattress

Icebug

Siddall and Hilton

Banka BioLoo Limited

IKEA

Signify

Bayer AG

Interface

SNF Global LLC

Besarte Fibre Natural SL

JLL

Somali Social Entrepreneurs Fund

Brissco (Equipment) Limited

L SAHA

Sparks & Co (Solar Force) Ltd

BT Group plc

Lassila & Tikanoja Plc

SRI Services

Buckinghamshire Business First

Mahindra Group

STS Commercial LTD

Cameron Hysom Ltd T/A EcoAudit

Maigari global e-commerce

Sustainable Wedding Alliance

Capgemini

Mammut Sports Group

Sympatex Technologies GmbH

Carrington West

Manchester Pipe and Site Services Limited

The Globe Group CIC

Chaioso S.L.

Materialise Interiors

The New Division

ClimateHero

Melia Hotels International

The Standing CT Company

Competitive Insight

Melius Homes

The Typeface Group Ltd

Corbion

Mossgiel Organic Farm

The Umbrella Institute

Crowberry Consulting Ltd

Mulberry Catering Co Limited

The Wellbeing Farm

Currys Plc

Natura & Co

Third Rock Finland Oy

Danone

Nestlé

Thomas Kneale & Co Ltd

Dear Green Coffee Roasters

New Society Publishers

Toast Ale

Decathlon

Omplim gestió i edificació responsable SL

Triple Bottom Line Accounting Ltd

Deltaexpress S.A.

Once Upon Publishing

Uhhmami

Deutsche Telekom AG

One Care (BNSSG) C.I.C

UK SustainAbility

Diageo

One Stone Asia Pacific SL

Unilever

eBay

Ørsted

VELUX A/S

ECOS

Osborne Clarke

Vodafone Group Plc

EDP

OXO Living

Volvo Cars

EECO Ltd

Oz Green Oasis Pty Ltd

We Do Ethical

Electrolux Group

Par Build Ltd

YIT Oyj

Elekta AB

Parnosa Limited

Zeroverse

Empower Agency

Ethical Profit Agency

4YaParty Weddings and Events

ePharmIT Limited

Fairware Promotional Products

600 strategy

Evolve

Flow Hive

Untuk mendukung hal tersebut di atas, 131 perusahaan mendesak semua pemerintah untuk, yang pertama menetapkan target dan jadwal untuk menghentikan penggunaan bahan bakar fosil secara bertahap sejalan dengan target 1,5°C, yang didukung oleh rencana dan kebijakan nasional untuk memastikan transisi yang adil bagi para pekerja dan masyarakat yang terdampak. Negara-negara kaya, kata mereka, memiliki tanggung jawab untuk menjadi penggerak pertama dan mendukung negara-negara lain dalam upaya mereka.

Yang kedua, mempercepat transisi energi bersih dengan berkomitmen untuk mencapai 100% sistem tenaga listrik tanpa karbon pada tahun 2035 di negara maju, dan selambat-lambatnya pada 2040 di negara lain.

Ketiga, mendukung negara-negara di belahan dunia selatan dalam mendiversifikasi sistem energi mereka dan mengembangkan jalur ekonomi yang selaras dengan target 1,5°C, termasuk melalui penyediaan pembiayaan yang tidak memperburuk utang negara yang tidak berkelanjutan, serta pengembangan kapasitas untuk perencanaan transisi yang adil. Hal ini harus menjadi bagian dari penyelarasan yang lebih luas antara aliran keuangan publik dan swasta dengan tujuan penghapusan bahan bakar fosil secara global yang adil.

Yang keempat, memastikan sinyal harga yang jelas melalui harga karbon yang berarti yang mencerminkan seluruh biaya perubahan iklim, dan mereformasi serta mengalihkan subsidi bahan bakar fosil ke arah efisiensi energi, energi terbarukan, dan langkah-langkah lain untuk mendukung transisi energi bersih yang berpusat pada masyarakat dan berkeadilan.

Kepemimpinan dari para pembuat kebijakan, kata mereka, di samping tindakan terkoordinasi dari lembaga keuangan dan produsen bahan bakar fosil, akan memungkinkan para pengguna energi, untuk mengembangkan dan menerapkan solusi iklim dari ekonomi nol nol.

"Kami siap mendukung dan bekerja sama dengan Anda dalam upaya meninggalkan bahan bakar fosil, dan menuju masyarakat yang lebih sehat dan tangguh, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, serta kemakmuran bersama," kata perusahaan-perusahaan itu.

SHARE