Kepala TNUK Pantau Pulau Peucang dan Panaitan

Penulis : Gilang Helindro

Konservasi

Senin, 02 Oktober 2023

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID - Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK), Ardi Andono, melakukan pemantauan ke Pulau Peucang dan Pulau Panaitan pada 28 September 2023. Dua pulau ini masuk Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pengecekan itu dilakukan untuk melihat kondisi perairan serta pengelolaan kawasan di Pulau Peucang dan Pulau Panaitan. Pengecekan dilakukan bersama Kepala Seksi PTN (Pengelolaan Taman Nasional ) Wilayah I Pulau Panaitan, Dedi Juherdi, dan Kepala Seksi Wilayah II Pulau Handeuleum, Ujang Acep. “Selain pemantauan kondisi perairan, juga melihat petugas lapangan untuk kesiapsiagaan kebakaran, khususnya pada kawasan hutan di pulau-pulau yang masuk ke dalam wilayah kerja TNUK,” kata Ardi Andono, Minggu, 1 Oktober 2023.

Ardi menjelaskan, saat ini di TNUK masih musim kemarau, sehingga semuanya perlu mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan. “Khususnya Pulau Panaitan yang sangat berpotensi terjadinya kebakaran hutan. Tidak hanya itu, tapi juga ada ancaman perburuan serta pengambilan biota laut,” katanya.

“Khusus untuk Pulau Peucang yang banyak dikunjungi wisatawan, diinstruksikan kepada para petugas agar menerapkan prinsip Sapta Pesona, yaitu keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan. Sehingga, pengunjung yang merasa nyaman di Pulau Peucang dapat mempromosikan TNUK,” katanya.

Ardi Andono, Kepala Balai TNUK melakukan pengecekan ke Pulau Peucang dan Pulau Panaitan. Foto: TNUK

SHARE