Juli Bulan Terpanas, Sekjen PBB: Era Mendidih Global Telah Tiba

Penulis : Kennial Laia

Perubahan Iklim

Senin, 31 Juli 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan, era pemanasan global telah berakhir, dan kini memasuki “era pendidihan global”. Pernyataan ini menyusul konfirmasi para ilmuwan bahwa Juli menjadi bulan terpanas yang pernah tercatat dalam sejarah. 

“Perubahan iklim tengah terjadi dan sangat menakutkan. Sebab ini baru saja permulaan,” kata Guterres. “Masih mungkin untuk membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5C [di atas tingkat pra-industri], dan menghindari perubahan iklim yang paling buruk. Tapi hanya dengan aksi iklim yang dramatis dan langsung,” tambahnya. 

Komentar Guterres muncul setelah para ilmuwan mengkonfirmasi pada hari Kamis bahwa tiga minggu terakhir telah menjadi yang terpanas sejak pencatatan dimulai dan Juli akan menjadi bulan terpanas yang pernah tercatat.

Temperatur global bulan ini telah memecahkan rekor, menurut Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) dan program observasi Bumi Copernicus UE. Ini dipicu oleh pembakaran bahan bakar fosil dan memacu cuaca buruk di berbagai belahan dunia.

Asap kebakaran hutan dan lahan terlihat di kota Santa Juana, Chili. Dok Pablo Hidalgo/EPA

Kenaikan suhu rata-rata global yang stabil, didorong oleh polusi yang menjebak sinar matahari dan bertindak seperti rumah kaca di sekitar Bumi, telah memperburuk cuaca ekstrem.

"Umat manusia berada di kursi panas," kata Guterres dalam konferensi pers pada Kamis. “Untuk sebagian besar Amerika Utara, Asia, Afrika, dan Eropa, ini adalah musim panas yang kejam. Untuk seluruh planet, ini adalah bencana. Dan bagi para ilmuwan, ini tidak diragukan lagi - manusia lah yang harus disalahkan,” kata Guterres. 

“Semua ini sepenuhnya konsisten dengan prediksi dan peringatan berulang dari sains. Satu-satunya kejutan adalah kecepatan perubahannya. Perubahan iklim ada di sini, menakutkan, dan ini baru permulaan. Era pemanasan global telah berakhir; era pendidihan global telah tiba,” tambah Guterres. 

Guterres mendesak politisi untuk mengambil tindakan cepat. “Saat ini udara tidak bisa dihirup, panasnya tidak tertahankan, dan tingkat keuntungan bahan bakar fosil serta kelambanan iklim tidak dapat diterima. Pemimpin harus memimpin. Tidak ada lagi keragu-raguan, tidak ada lagi alasan, tidak ada lagi menunggu orang lain bergerak lebih dulu. Tidak ada lagi waktu untuk itu."

“Masih mungkin untuk membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5C dan menghindari perubahan iklim yang paling buruk tetapi hanya dengan tindakan iklim yang dramatis dan segera. Kami telah melihat beberapa kemajuan – peluncuran energi terbarukan yang kuat dan beberapa langkah positif dari sektor-sektor seperti perkapalan – tetapi tidak ada aksi yang cukup jauh dan cepat. Kondisi saat ini menuntut tindakan yang segera dan ambisius,” kata Guterres. 

Sekretaris Jenderal WMO, Petteri Taalas, mengatakan: “Kebutuhan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca lebih mendesak daripada sebelumnya. Aksi iklim bukanlah kemewahan tetapi suatu keharusan.”

Ilmuwan iklim lainnya mengkonfirmasi temuan tersebut. Karsten Haustein di Universitas Leipzig menemukan dunia 1,5C lebih panas pada Juli 2023 dibandingkan rata-rata Juli sebelum industrialisasi.

Haustein mengatakan, temperatur bulan ini "sangat keterlaluan" sehingga para ilmuwan dapat memprediksi Juli akan menjadi rekor terpanas, bahkan sebelum berakhir. 

Haustein mengambil perkiraan suhu global dari Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) di Amerika Serikat dan menemukan Juli 2023 kemungkinan akan mengalahkan rekor sebelumnya dari 2019 sebesar 0,2C.

Zeke Hausfather, seorang ilmuwan iklim di Berkeley Earth nirlaba AS, menggunakan alat dari ahli meteorologi Jepang dan Eropa untuk memperkirakan rekor akan dipecahkan mendekati 0,3C.

“Kecuali ada dampak asteroid besar hari ini, hampir pasti bahwa Juli 2023 akan menjadi bulan terhangat dalam catatan dengan selisih yang besar. Saya pribadi menemukan besarnya rekor ini sedikit menakjubkan. Kami tidak melihat sesuatu yang serupa dalam catatan sejarah untuk bulan Juli,” jelas Hausfather. 

Polusi gas rumah kaca telah meningkatkan suhu gelombang panas yang mematikan di tiga benua bulan ini, menurut analisis cepat dari jaringan World Weather Attribution (WWA) yang diterbitkan pada hari Selasa.

Studi tersebut, yang menggunakan metode mapan tetapi belum ditinjau oleh rekan sejawat, menemukan manusia menyebabkan gelombang panas di Eropa selatan, Amerika Utara, dan China masing-masing 2,5C, 2C, dan 1C. Para ilmuwan mengatakan dua yang pertama akan "hampir tidak mungkin" jika manusia tidak menyebabkan perubahan pada iklim.

Para ilmuwan memperkirakan tahun ini akan lebih panas dari biasanya karena El Niño kembali setelah tiga tahun dari rekannya yang lebih dingin, La Niña.

Efek El Nino, bersama dengan polusi gas rumah kaca, telah membuat WMO memprediksi dua dari tiga peluang bahwa salah satu dari lima tahun ke depan akan menjadi 1,5C lebih panas dari sebelum Revolusi Industri. 

Joyce Kimutai, seorang ilmuwan iklim di Institut Grantham, mengatakan peristiwa cuaca ekstrem yang lebih besar dan lebih kuat menyebabkan malapetaka di seluruh dunia – terutama di negara-negara miskin yang paling tidak bertanggung jawab atas emisi.

“Ini seharusnya berfungsi sebagai peringatan yang meyakinkan bagi kita semua. Kita perlu mengalihkan pembicaraan ke apa yang perlu segera terjadi tahun ini,” kata Kimutai. 

SHARE