Grup Iklim Terima Dana yang Terkait dengan Investasi Energi Fosil

Penulis : Kennial Laia

Perubahan Iklim

Minggu, 02 Juli 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Sejumlah kelompok kampanye iklim paling terkenal di dunia dilaporkan menerima jutaan dolar dalam bentuk donasi dari sebuah yayasan yang terkait dengan investasi bahan bakar fosil. 

Laporan Guardian, menemukan bahwa yayasan amal tersebut dijalankan oleh bos miliarder hedge fund yang dana investasinya diinvestasikan di perusahaan bahan bakar fosil.

Grup ini termasuk European Climate Foundation, Carbon Tracker Initiative, dan World Wide Fund for Nature (WWF). Mereka menerima jutaan pound dalam bentuk hibah selama dua tahun terakhir dari Quadrature Climate Foundation, menurut pengajuan ke Charity Commission

Quadrature Climate Foundation didirikan oleh Quadrature Capital, sebuah firma investasi yang didirikan oleh miliarder misterius Greg Skinner dan Suneil Setiya. Quadrature Capital memiliki saham senilai lebih dari $170 juta di perusahaan bahan bakar fosil, menurut pengajuan kepada regulator Amerika Serikat.

Seorang perempuan muda melakukan aksi teatrikal dalam aksi damai mengenai krisis iklim dan peran perbankan mendanai industri batu bara di Jakarta, awal Maret 2022. Foto: Istimewa

Pengajuan dana terbaru dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS menunjukkan bahwa pada akhir Maret, Quadrature memiliki saham di 45 perusahaan bahan bakar fosil, mayoritas di Amerika Utara.

Itu termasuk saham senilai $24 juta di ConocoPhillips, perusahaan minyak dan gas multinasional yang disebut Guardian pada 2019 sebagai salah satu perusahaan paling berpolusi di dunia. Firma tersebut juga telah menginvestasikan lebih dari $26 juta di Cheniere Energy, produsen utama gas alam cair AS untuk ekspor. Mereka memiliki saham $20 juta di Cenovus Energy, sebuah perusahaan Kanada yang baru-baru ini ditegur oleh regulator setelah 1.000 liter solar bocor ke danau pemancingan di Alberta.

Yayasan iklimnya, Quadrature Climate Foundation, memberikan hibah kepada 45 kelompok hijau senilai sekitar £175 juta pada 2021 dan 2022. Ini termasuk £4 juta kepada European Climate Foundation, yang mempromosikan kebijakan nol bersih di Eropa; £2,7 juta untuk ICarbon Tracker Initiative; dan lebih dari £3 juta untuk WWF.

Menurut laporan Guardian, yayasan ini terus memperluas aktivitasnya. Conscious Advertising Network (CAN), sebuah inisiatif dari Integrated Society of British Advertisers untuk “mendekarbonisasi industri periklanan”, baru-baru ini mengumumkan Quadrature sebagai penyandang dana. CAN mendesak merek dagang untuk bertanya kepada biro iklan mereka jika mengetahui kliennya mendukung mendukung kepentingan bahan bakar fosil. 

Juru bicara Quadrature mengatakan: “Perubahan iklim telah mendorong banyak bagian dunia melampaui titik kritis suhu kritis, dengan konsekuensi yang tidak pasti dan berpotensi parah terutama bagi negara-negara termiskin dan paling rentan.

“Sejak 2019, Quadrature Climate Foundation telah mengerahkan lebih dari £200 juta ke hampir 150 organisasi iklim. Yayasan mengharapkan untuk meningkatkan pendanaan secara substansial selama beberapa tahun mendatang, dengan fokus membuka solusi iklim paling mendesak yang dapat membantu masyarakat mengatasi realitas iklim baru.”

Juru bicara Global Witness, yang menerima £1 juta dari Quadrature tahun lalu, mengatakan: “Global Witness sangat berterima kasih kepada Quadrature Climate Foundation atas dukungan mereka terhadap pekerjaan kami untuk mengatasi kelompok kepentingan yang kuat yang mendorong krisis iklim.”

“Kami sangat menghargai donasi yang kami terima dari sejumlah besar individu dan institusi dan mendorong mereka untuk menyelaraskan investasi mereka dengan nilai dan tujuan filantropi mereka,” kata Global Witness. 

Mark Campanale, pendiri dan direktur Carbon Tracker Initiative, mengatakan pihaknya menyadari strategi investasi Quadrature Capital (terpisah dari yayasan) didasarkan pada perdagangan algoritmik. 

“Artinya saham terus-menerus dibalik menggunakan model perdagangan yang rumit dan tidak dipilih secara aktif atau diadakan jangka panjang. Kami percaya pada transparansi dan nama pemberi dana kami dipublikasikan dalam laporan tahunan kami di situs web kami,” kata Campanale.

Sementara itu juru bicara WWF mengatakan: “Terima kasih telah menyampaikan hal ini kepada kami. Kami akan menyelidiki ini dengan Quadrature Climate Foundation.”

Quadrature Capital didirikan pada 2010 oleh Skinner dan Setiya. Pasangan ini sebelumnya bekerja untuk DE Shaw, fund manager yang berbasis di New York, dan perusahaan investasi De Putron Fund Management.

Firma tersebut menggunakan algoritma untuk memutuskan saham mana yang akan dibeli. Dalam perdagangan terbarunya, Quadrature Capital menghasilkan laba sebelum pajak sebesar £560 juta untuk tahun yang berakhir pada 31 Januari 2022. 

Guardian

SHARE