Studi: Penambangan Laut Dalam akan Menghancurkan Ekosistem

Penulis : Kennial Laia

Kelautan

Jumat, 31 Maret 2023

Editor : Raden Ariyo Wicaksono

BETAHITA.ID -  Investigasi oleh para konservasionis menemukan bukti bahwa penambangan mineral langka di dasar laut dapat menyebabkan kerusakan "luas dan tidak dapat diubah" pada planet ini.

Laporan tersebut, yang diterbitkan pada hari Senin oleh badan amal satwa liar internasional Fauna & Flora, menambah kontroversi yang berkembang seputar proposal untuk membersihkan dasar laut dari mineral langka yang mencakup kobalt, mangan, dan nikel. Perusahaan pertambangan ingin mengeksploitasi cadangan ini – yang sangat penting bagi sektor energi alternatif – karena pasokan lahan menipis, menurut  mereka.

Namun, ahli kelautan, ahli biologi, dan peneliti lain telah memperingatkan bahwa rencana ini akan menyebabkan polusi yang meluas, menghancurkan stok ikan global, dan melenyapkan ekosistem laut.

"Lautan memainkan peran penting dalam fungsi dasar planet kita, dan melindungi ekosistemnya yang rapuh tidak hanya penting untuk keanekaragaman hayati laut tetapi juga untuk semua kehidupan di Bumi," kata Sophie Benbow, direktur kelautan Fauna & Flora.

Ilustrasi Laut (UN.Org)

Fauna & Flora pertama kali mengemukakan kekhawatiran tentang penambangan laut dalam laporan tahun 2020. Sejak saat itu, para ilmuwan mengintensifkan studi mereka tentang zona laut dalam dan menyoroti bahaya lebih lanjut yang ditimbulkan oleh penambangan di sana.

“Semakin jelas dalam beberapa tahun terakhir bahwa, selain bahaya lain, penambangan laut dalam menimbulkan ancaman khusus terhadap iklim,” kata Catherine Weller, direktur kebijakan global Fauna & Flora.

“Lautan dalam menyimpan cadangan karbon yang sangat besar yang dapat sepenuhnya terganggu oleh penambangan dalam skala yang diusulkan dan memperburuk krisis global yang kita alami melalui peningkatan kadar gas rumah kaca,” tambahnya.

Penelitian terbaru juga menekankan bahwa pengetahuan dan pemahaman kita tentang keanekaragaman hayati sangat tidak lengkap.

“Setiap kali ekspedisi diluncurkan untuk mengumpulkan spesies, kami menemukan bahwa antara 70% dan 90% di antaranya baru dalam ilmu pengetahuan,” kata Benbow. “Ini bukan hanya spesies baru, tetapi seluruh genera tanaman dan makhluk yang sebelumnya tidak kita ketahui.”

Penghuni laut dalam yang halus dan berumur panjang – cacing polychaete, teripang, karang, dan cumi-cumi – akan musnah dengan pengerukan, demikian peringatan para peneliti. Ekosistem ini juga diperkirakan tidak memiliki peluang pulih dengan cepat.

Pada kedalaman beberapa kilometer, makanan dan energi terbatas, dan kehidupan berlangsung dengan kecepatan yang luar biasa lambat. “Begitu hilang, keanekaragaman hayati tidak mungkin dipulihkan,” kata laporan itu.

Pertempuran memperebutkan sumber daya laut dalam planet kita terutama berfokus pada triliunan nodul mangan, nikel, dan kobalt yang mengotori dasar samudra. Logam-logam ini sangat penting untuk pembuatan mobil listrik, turbin angin, dan perangkat lain yang akan diperlukan untuk menggantikan truk, pembangkit listrik, dan pabrik penghasil karbon.

Akibatnya, perusahaan pertambangan kini berdesak-desakan untuk mengeruknya dalam jumlah besar menggunakan robot penjelajah – yang dihubungkan dengan pipa ke kapal permukaan – yang akan berguling di atas dasar laut, menyedot nodul dan memompanya ke kapal induk.

Tetapi operasi seperti ini akan menghancurkan lautan kita yang sudah tertekan, menghancurkan ekosistemnya yang rapuh dan mengirimkan gumpalan sedimen, yang dicampur dengan logam beracun, berputar ke atas untuk meracuni rantai makanan laut, kata ahli biologi kelautan.

Di sisi lain, perusahaan pertambangan mempertahankan rencana mereka dengan menunjukkan bahwa pengeboran cadangan mineral di darat bahkan lebih merusak ekosistem yang tertekan di planet ini. Argumennya, jika penggalian mineral kobalt, nikel, dan mangan difokuskan di darat, manusia akan semakin merusak lingkungan. Maka perusahaan lebih baik beralih ke laut dalam.

Klaim tersebut ditolak oleh Weller. “Perusahaan-perusahaan ini menghadirkan penambangan laut dalam sebagai perbatasan baru tetapi mereka benar-benar bermaksud untuk menjadi perbatasan tambahan,” kata Weller.

“Pasalnya, tidak satu pun dari perusahaan ini yang menyatakan bahwa jika mereka mulai menambang dasar laut dalam maka mereka akan berhenti menambang di darat. Itu hanya akan menambah kesengsaraan kita,” tambah Weller.

Pakar kelautan prihatin dengan prospek operasi penambangan laut dalam yang dimulai dalam waktu dekat, menyusul keputusan negara bagian Nauru di Pulau Pasifik untuk mempercepat eksploitasi dasar laut.

Pada bulan Juni 2021, Nauru memberi tahu Otoritas Dasar Laut Internasional (ISA) – yang bertanggung jawab untuk mengatur penambangan di wilayah di luar yurisdiksi nasional – tentang niatnya untuk mensponsori aplikasi eksploitasi untuk penambangan nodul di Pasifik.

Dengan demikian, Nauru memicu 'aturan dua tahun' – sebuah ketentuan hukum yang menciptakan hitungan mundur bagi ISA untuk mengadopsi serangkaian peraturan eksploitasi pertama untuk penambangan dasar laut dalam dan dapat menghasilkan lampu hijau untuk penambangan dasar laut dalam tahun ini. Diskusi di antara 167 negara anggota ISA kini sedang berlangsung.

“Ini adalah tahun yang kritis,” kata Weller. “Perjanjian Laut Tinggi PBB yang baru disepakati menandakan pengakuan global yang jelas akan pentingnya konservasi laut, tetapi upaya kolaboratif masih diperlukan untuk mengerem penambangan laut dalam.”

Guardian