Spesies Baru Ular Badak Ditemukan di Cina

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Rabu, 14 Desember 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Para ilmuwan telah mendeskripsikan spesies baru dari genus ular badak (Gonyosoma) di Pulau Hainan, Cina. Gonyosoma sendiri adalah genus ular dalam keluarga Colubridae. Genus ini terdiri dari hampir 10 spesies endemik Asia Selatan yang diakui secara ilmiah.

Spesies yang baru diidentifikasi, bernama Gonyosoma hainanense, menghuni hutan hujan subtropis Pulau Hainan di provinsi Hainan, Cina. Penemuan Gonyosoma hainanense ini dilaporkan dalam makalah di jurnal Zoological Research.

“Pulau Hainan terletak di Cina selatan, menghadap Semenanjung Leizhou di Guangdong, melintasi Selat Qiongzhou di utara, Guangxi dan Vietnam melintasi Teluk Beibuwan di barat, dan Laut Cina Selatan di selatan,” kata penulis utama Dr. Li-Fang Peng, seorang peneliti di Universitas Normal Anhui dan Institut Keanekaragaman Hayati Huangshan Noah, dan rekannya.

Pulau Ini adalah pulau terbesar kedua di Cina, seluas lebih dari 30.000 km2, dan menampung banyak spesies endemik. Enam spesimen spesies baru diperoleh dari Pegunungan Diaoluoshan, dan satu remaja dan satu betina dengan enam neonatus diamati dan dilepaskan di Pegunungan Jianfengling.

Ular badak Hainan (Gonyosoma hainanense)./Gambar: Mian Hou/Peng et al., doi: 10.24272/j.issn.2095-8137.2021.085.

“Kedua lokasi distribusi ini berjarak sekitar 200 km, dan menjangkau sebagian besar bagian selatan Pulau Hainan. Dengan demikian, kami yakin spesies baru ini kemungkinan besar akan didistribusikan di daerah pegunungan lain di Pulau Hainan.”

Gonyosoma hainanense paling mirip dengan spesies saudara kontinentalnya, Gonyosoma boulengeri. Kedua spesies ini memiliki tonjolan bersisik di bagian depan mimbar, berbeda dari kerabat lainnya. Gonyosoma boulengeri pertama kali dideskripsikan pada 1897 berdasarkan enam spesimen dari Teluk Tonkin di Vietnam, kata para peneliti.

“Nama umumnya, ular badak, berasal dari tonjolan bersisik yang khas di ujung distal mimbarnya."

Pada usia dewasa, tubuh ular ini berwarna hijau dan perutnya berwarna hijau kekuningan. Sebaliknya, pola warna neonatus dan remaja berwarna abu-abu, tetapi secara bertahap berubah menjadi hijau saat dewasa.

“Dulu, ular badak dianggap satu spesies, yakni Gonyosoma boulengeri, dan dilaporkan dari Provinsi Hainan, Guangxi, Guangdong, dan Yunnan di Tiongkok, serta Vietnam.”

Gonyosoma hainanense memiliki panjang total antara 65 dan 93 cm (25-37 inci). Spesies ini memiliki kepala segitiga dan mata besar dengan pupil bulat. Ia juga memiliki tonjolan menonjol, khas, bersisik di bagian depan moncongnya, dengan panjang sekitar 1 cm (0,4 inci).

Gonyosoma hainanense umumnya arboreal dan nokturnal. Selain itu, ini adalah ovipar dengan ukuran enam telur (putih) dan masa inkubasi 62 hari. Neonatus dan remaja berwarna abu-abu, dengan garis orbit hitam. Pewarnaan berangsur-angsur berubah menjadi hijau saat ular menjadi dewasa, dan garis-garis hitam orbital berangsur-angsur memudar,” kata penulis.

SCI News

SHARE