Protes Iklim, Aktivis Lempar Cat ke Gedung Opera La Scala Milan

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Perubahan Iklim

Jumat, 09 Desember 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Gerakan Ultima Generazione (Generasi Terakhir) kembali melakukan aksi protes terkait perubahan iklim dan pemanasan global. Para aktivis itu melakukan pelemparan cat di pintu masuk gedung opera La Scala, di Milan, Italia, Rabu (7/12/2022) kemarin.

Aktivis kelompok itu telah melakukan protes besar-besaran di seluruh Eropa dalam beberapa bulan terakhir, kadang-kadang menargetkan museum dan karya seni, untuk menyerukan tindakan lebih keras untuk mengatasi pemanasan global.

Dalam sebuah pernyataan, Ultima Generazione mengatakan mereka bertanggung jawab atas aksi di Milan itu. Aksi ini dilakukan jelang pertunjukan pembukaan musim ini.

Gedung opera La Scala dibuka kembali untuk umum setelah ditutup akibat pandemi penyakit virus corona (COVID-19), di Milan, Italia, 10 Mei 2021./Foto: REUTERS/Flavio Lo Scalzo

"Alih-alih mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi masa depan Italia dari kekeringan dan bencana iklim, politik mengunci diri untuk menikmati pertunjukan bagi segelintir orang", katanya.

Dua belas orang tewas di pulau liburan Italia selatan Ischia bulan lalu, setelah tanah longsor yang disebabkan oleh hujan deras menghancurkan sebuah kota kecil.

Selama musim panas, kekeringan terburuk dalam 70 tahun melanda wilayah utara di sekitar Sungai Po, yang menyumbang sekitar sepertiga dari produksi pertanian negara itu

Selama sebulan terakhir, Ultima Generazione telah melemparkan sup ke atas karya Van Gogh di Roma, menyiramkan cairan hitam ke lukisan Gustav Klimt di Wina dan tepung ke atas mobil sport yang dilukis oleh artis pop AS Andy Warhol yang dipajang di Milan.

Pihak polisi mengatakan, mereka telah menahan lima orang setelah insiden di La Scala, sementara petugas kebersihan dengan cepat membersihkan cat dari pintu masuk teater.

La Scala akan membuka musim 2022-23 pada Rabu, salah satu sorotan kalender budaya Italia, dengan penampilan opera Rusia "Boris Godunov". Acara tersebut akan dihadiri oleh Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

REUTERS

SHARE