UE Setujui UU Pencegah Impor Barang Terkait Deforestasi

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Hutan

Rabu, 07 Desember 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Uni Eropa (UE) akhirnya menyetujui undang-undang baru yang dibuat untuk mencegah perusahaan menjual kopi, daging sapi, kedelai dan komoditas lain yang terkait dengan deforestasi di seluruh dunia ke pasar UE. Persetujuan tersebut ditetapkan pada Selasa (6/12/2022).

Undang-undang ini akan mewajibkan perusahaan untuk membuat pernyataan uji tuntas yang menunjukkan bahwa rantai pasokan mereka tidak ikut berkontribusi pada perusakan hutan, sebelum mereka menjual barang ke UE--atau mereka dapat menghadapi denda yang besar.

“Saya berharap peraturan inovatif ini akan memberikan dorongan bagi perlindungan hutan di seluruh dunia dan menginspirasi negara-negara lain di COP15,” kata Christophe Hansen, Juru Runding Utama Parlemen Eropa.

Deforestasi adalah sumber utama emisi gas rumah kaca yang mendorong perubahan iklim dan akan menjadi fokus pada konferensi COP15 PBB pekan ini, di mana negara-negara akan mencari kesepakatan global untuk melindungi alam.

Deforestasi di Kalimantan Tengah./Foto: Ario Tanoto

Negosiator dari negara-negara UE dan Parlemen Eropa mencapai kesepakatan tentang undang-undang tersebut pada Selasa pagi. Ini akan berlaku untuk kedelai, daging sapi, minyak sawit, kayu, kakao dan kopi, dan beberapa produk turunan termasuk kulit, cokelat, dan furnitur. Karet, arang, dan beberapa turunan minyak sawit dimasukkan atas permintaan anggota parlemen Uni Eropa.

Perusahaan perlu menunjukkan kapan dan di mana komoditas tersebut diproduksi dan informasi yang "dapat diverifikasi" bahwa komoditas tersebut tidak ditanam di lahan yang digunduli setelah 2020. Kegagalan untuk mematuhi dapat mengakibatkan denda hingga 4 persen dari omset perusahaan di negara anggota UE.

Negara-negara yang akan terkena dampak aturan baru, termasuk Brasil, Indonesia, dan Kolombia, mengatakan aturan itu memberatkan dan mahal. Sertifikasi pasokan juga sulit dipantau, terutama karena beberapa rantai dapat menjangkau banyak negara.

Sementara para juru kampanye menyambut undang-undang tersebut sebagai "bersejarah", mereka juga mengkritik persyaratannya bagi perusahaan untuk membuktikan bahwa mereka menghormati hak-hak masyarakat adat--tetapi hanya jika hak tersebut sudah dilindungi secara hukum di negara produsen.

"Uni Eropa telah melewatkan kesempatan untuk memberi sinyal kepada dunia bahwa solusi paling penting untuk menghentikan deforestasi adalah menegakkan hak-hak masyarakat adat," kata Nicole Polsterer dari kelompok kampanye Fern.

Negara-negara UE dan parlemen Eropa sekarang harus secara resmi menyetujui undang-undang tersebut. Undang-undang dapat mulai berlaku 20 hari kemudian, setelah itu perusahaan besar memiliki waktu 18 bulan untuk mematuhi, dan perusahaan kecil 24 bulan.

Negara anggota UE akan diminta untuk melakukan pemeriksaan kepatuhan yang mencakup 9 persen perusahaan yang mengekspor dari negara dengan risiko deforestasi tinggi, 3 persen dari negara berisiko standar, dan 1 persen untuk negara berisiko rendah.

UE mengatakan akan bekerja dengan negara-negara yang terkena dampak untuk membangun kapasitas mereka dalam menerapkan aturan tersebut.

REUTERS

SHARE