China akan Tingkatkan Produksi Batu Bara untuk Pasokan Listrik

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Energi

Rabu, 09 Maret 2022

Editor :

BETAHITA.ID - China akan meningkatkan produksi tambang batu bara yang lebih modern dan meningkatkan kapasitas cadangan batu bara, dan bertujuan untuk meningkatkan penyimpanan yang dapat digunakan pemerintah hingga 5 persen dari konsumsi lokal, kata perencana ekonomi negara itu, Sabtu (5/3/2022).

Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional atau The National Development and Reform Commission (NDRC) juga mengatakan dalam sebuah pernyataan selama pertemuan tahunan parlemen bahwa mereka akan menjamin transportasi batu bara dan lebih meningkatkan mekanisme penetapan harga batu bara.

Janji tersebut menyusul persetujuan pemerintah pusat atas ratusan proyek pertambangan batu bara baru dan perluasan produksi di tambang yang ada sejak paruh kedua 2021 setelah pasokan bahan bakar yang ketat tahun lalu menyebabkan kekurangan listrik nasional yang memperlambat aktivitas industri.

Produksi batu bara tercatat China mencapai rekor tertinggi 4,07 miliar ton tahun lalu. Dalam laporan kerja terpisah ke parlemen pada Sabtu kemarin, Perdana Menteri China Li Keqiang berjanji untuk memastikan pasokan listrik untuk pengguna perumahan dan industri tahun ini.

Sebuah ekskavator memuat batu bara ke dalam kereta api di Pingdingshan, provinsi Henan, China 4 November 2021./Foto: REUTERS/Aly Song

Terlepas dari pertumbuhan pesat energi terbarukan, China tetap sangat bergantung pada bahan bakar fosil untuk pembangkit listriknya, dengan lebih dari separuh listriknya dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga batu bara.

Laporan NDRC juga membahas tantangan dan risiko geopolitik dalam memastikan pasokan batu bara, listrik dan minyak dan gas serta berjanji untuk meningkatkan produksi dan kapasitas penyimpanan dalam negeri.

"Kami akan memajukan pengembangan proyek-proyek cadangan minyak utama. Dan membangun momentum peningkatan cadangan dan produksi," katanya.

NDRC juga mengatakan pihaknya berencana untuk mempercepat pembangunan penyimpanan gas bawah tanah baru di Cina utara dan barat laut. Pemerintah juga akan mempromosikan integrasi jaringan pipa minyak dan gas provinsi berbasis pasar untuk menciptakan jaringan nasional terpadu dan mendukung eksplorasi dan pemanfaatan gas alam yang tidak konvensional.

China akan membangun pangkalan tenaga angin dan tenaga surya yang besar, mempromosikan kelompok ladang angin lepas pantai, melanjutkan pembangunan pangkalan tenaga air besar di Cina barat daya dan mengembangkan tenaga nuklir secara teratur sambil memastikan keamanan, kata NDRC.

REUTERS

SHARE