Harimau Sumatera Muncul di Jalan Raya Solok

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Jumat, 04 Desember 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Seekor harimau sumatera keluar dari hutan dan terlihat di jalan raya di Nagari Simpang Tanjung Nan Ampek, Danau Kembar, Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Video kemunculan harimau tersebut viral di media sosial Instagram setelah diunggah akun @infopadang_ pada Rabu (2/12/2020). Harimau tersebut menarik perhatian pengguna jalan.

Simak video Harimau Muncul di Jalan Solok

Baca juga Harimau Sumatera Masuk Kampung di Solok, Memangsa Anjing

Harimau Sumatera dilaporkan keluar di jalan raya di Solok, Sumbar. (Instagram/infopadang)

Dalam video tersebut, harimau sumatera itu terlihat berjalan dengan santai di pinggir jalan raya, kendaraan juga berhenti saat hewan dilindungi itu muncul. Harimau tersebut bahkan sempat duduk di pinggir jalan.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Konservasi Wilayah Solok, Afrilius, membenarkan peristiwa itu terjadi di Alahan Panjang. Dia mengatakan pihaknya sudah berada di lokasi kejadian.

“Iya saya mendapatkan informasi terkait harimau di jalan itu,” katanya seperti dikutip Langgam.id, Rabu (2/12/2020).

Pihaknya langsung berada di lokasi terlihatnya harimau tersebut, setelah mendapati video tersebut. Tim dari BKSDA juga membuat bunyi-bunyian di sekitar lokasi.

“Saya sudah di lokasi, dan saya sedang melakukan bunyi-bunyian,” katanya.

Ia menjelaskan, bunyi-bunyian tersebut dapat membuat harimau tersebut menjauh dan kembali ke dalam hutan. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi konflik antara harimau dengan penduduk sekitar. 

Sebelumnya, Antara melaporkan seekor harimau sumatera masuk permukiman di Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. 

"Berdasarkan informasi dari warga setempat, harimau tersebut muncul di daerah Jorong Lurah Ingo, Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek, saat pagi hari dan memangsa anjing milik warga," kata Camat Danau Kembar, Eka Putra, Kamis, 3 Desember 2020.

LANGGAM.ID | TERAS.ID

SHARE