126 Jenis Burung Dicap Hilang, yang Mana dari Indonesia?

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Selasa, 23 Juli 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID - Dari sekitar 11.849 spesies burung, 126 di antaranya memenuhi kriteria "hilang". Demikian menurut hasil penelitian The Search for Lost Birds, sebuah kolaborasi antara Re:wild, American Bird Conservancy, dan BirdLife International, yang telah mengembangkan penghitungan spesies burung yang hilang yang paling lengkap untuk ilmu pengetahuan.

Dari 126 spesies burung yang dianggap "hilang" ini, beberapa di antaranya diketahui berhabitat di wilayah Indonesia, yakni lapwing jawa (Vanellus macropterus), kingfishers (Actenoides princeps regalis), bulbul berjengger biru (Microtarsus nieuwenhuisii), lalat biru ruck (Cyornis ruckii), myzomela merah-coklat (Myzomela rubrobrunnea), friarbird dari Bras (Filemon brassi), pemakan madu foja (Melipotes carolae), raja rufous (Simposiachrus rubiensis), hantu archbold (Aegotheles archboldi), cambuk papua (Androphobus viridis), parotia perunggu (Parotia berlepschi), bowbirds berwajah emas (Amblyornis flavifrons), hantu siau scops (Otus siaoensis), kingfisher kerdil sangihe (Ceyx sangirensis), dan kacamata sangihe (Zosterops kornea).

Dalam rilisnya, Search for Lost Birds menjelaskan, jenis burung-burung ini tidak pernah terdokumentasikan penampakannya selama setidaknya 10 tahun--artinya tidak ada foto, video, atau rekaman audio tentang mereka, dan mereka tidak dianggap punah atau punah di alam liar oleh Daftar Merah Spesies Terancam Punah oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN). Antusiasme para ilmuwan dan pengamat burung dalam mendokumentasikan burung-burung telah memberikan data penting yang membantu penyusunan daftar burung yang hilang.

Penulis utama makalah ini dan mantan koordinator ilmu pengetahuan tentang burung-burung yang hilang di American Bird Conservancy, Cameron Rutt, mengatakan burung adalah kelompok hewan yang paling banyak didokumentasikan di Bumi, dan ini merupakan bukti betapa banyak orang yang mencintai mereka. Hanya sekitar satu persen burung di dunia yang luput dari dokumentasi selama satu dekade terakhir.

Parotia perunggu (Parotia berlepschi), salah satu burung endemik Papua yang dianggap hilang, menurut Search for Lost Birds. Foto: Tim Laman/National Geographic.

"Namun, dalam satu persen tersebut, ada banyak spesies yang sangat terancam punah yang belum pernah tercatat selama beberapa dekade. Menemukan burung-burung ini sangat penting untuk mencegah mereka tergelincir ke dalam kepunahan," ujarnya, dalam sebuah rilis, Juni 2024.

Para ahli burung dari Search for Lost Birds menganalisis lebih dari 42 juta foto, video, dan rekaman audio burung yang dikumpulkan oleh tiga platform sains warga (The Cornell Lab of Ornithology's Macaulay Library, iNaturalist, dan xeno-canto), serta koleksi museum dan media dari mesin pencari dan makalah penelitian ilmiah. Mereka juga berunding dengan para ahli setempat untuk mengidentifikasi burung-burung yang belum pernah didokumentasikan antara tahun 2012 dan akhir 2021.

Analisis tersebut, yang berjudul "Global gaps in citizen science data reveal the world’s ‘lost’ birds", telah dipublikasikan di jurnal Frontiers in Ecology and the Environment pada 17 Juni, dengan total 144 burung. Dalam dua tahun sejak analisis awal tersebut selesai, Search for Lost Birds terus melacak burung-burung yang telah ditemukan kembali dan klarifikasi taksonomi yang tidak lagi memperlakukan burung-burung tertentu sebagai spesies yang terpisah.

Empat belas dari 144 spesies asli dicatat pada platform sains warga atau didokumentasikan oleh para konservasionis antara 2022 dan 2023. Dua spesies telah diklarifikasi taksonominya, dan dua spesies dari daftar asli memiliki populasi dalam perawatan manusia, sehingga meskipun mereka tidak memiliki dokumentasi terbaru di alam liar, mereka tidak memenuhi syarat sebagai "hilang". Temuan ini menambah jumlah burung yang hilang saat ini menjadi 126 ekor.

Daftar ini mencakup spesies yang telah hilang dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun dan spesies lain yang telah hilang selama lebih dari 150 tahun, seperti burung pauraque jamaika, duri tembaga, dan kasturi kaledonia baru. Spesies yang baru saja hilang, burung cambuk papua, belum pernah didokumentasikan oleh para ilmuwan atau didaftarkan di platform ilmu pengetahuan warga selama 13 tahun. Tityra ekor putih adalah burung yang paling lama hilang dan belum pernah terlihat lagi selama 195 tahun.

Search for Lost Birds telah membuat daftar semua spesies burung yang hilang dan dapat diakses di situs web Search for Lost Birds. Para ilmuwan dan penggemar burung dapat melihat daftar lengkap dan ilustrasi setiap burung yang hilang, serta mencari burung berdasarkan spesies, lokasi, atau taksonomi.

"Mencari tahu mengapa burung-burung ini tersesat dan kemudian mencoba menemukannya bisa terasa seperti kisah detektif," kata John C. Mittermeier, direktur pencarian burung-burung yang hilang di American Bird Conservancy, yang telah berpartisipasi dalam beberapa pencarian burung yang hilang di berbagai belahan dunia.

Sementara, lanjut John, beberapa spesies dalam daftar akan sangat menantang atau bahkan mungkin tidak mungkin ditemukan, beberapa spesies lainnya mungkin akan muncul dengan relatif cepat jika orang menemukannya di tempat yang tepat. Apapun situasinya, masih kata Jhon, bekerja sama dengan masyarakat lokal dan ilmuwan warga adalah cara terbaik untuk menemukan burung-burung yang hilang dan memulai upaya konservasi untuk memastikan bahwa spesies-spesies ini tidak akan hilang lagi.

Beberapa spesies yang hilang, termasuk burung nightjar itombwe, kurcaci jerdon, puyuh himalaya, south island kokako, vilcabamba brushfinch, merpati buah negros, hantu siau, dan layang-layang kuba, merupakan beberapa spesies yang paling dicari dan diharapkan dapat ditemukan kembali oleh Search for Lost Birds bersama para mitra lokal.

Namun, Search for Lost Birds mengundang para pengamat burung di seluruh dunia untuk membantu menemukan spesies lainnya. Jika pengamat burung melihat salah satu spesies yang hilang dan mengambil foto, video, atau rekaman suara burung tersebut, mereka dapat menghubungi Search for Lost Birds untuk membantu membagikan penemuan mereka dan memperbarui daftar.

Banyak spesies burung yang hilang yang diidentifikasi oleh Search for Lost Birds hidup di daerah tropis, terutama di pulau-pulau kecil atau di daerah pegunungan. Oseania memiliki 56 spesies burung yang hilang, paling banyak di antara wilayah geografis manapun di dunia, diikuti oleh Afrika dengan 31 spesies, Asia dengan 27 spesies, Amerika Selatan dengan 19 spesies, Amerika Utara dengan 13 spesies, dan Eropa dengan satu spesies--beberapa spesies burung tersebar di beberapa wilayah.

Alasan mengapa 126 spesies burung hilang dari ilmu pengetahuan sangat beragam. Beberapa dari burung-burung ini berada di wilayah yang sulit dijangkau, sehingga para ahli konservasi tidak dapat melakukan pencarian untuk menemukannya. Ada kemungkinan bahwa meskipun para ilmuwan belum melihat spesies-spesies tersebut, mereka tidak hilang dari masyarakat lokal dan masyarakat adat, seperti halnya dengan merpati tengkuk hitam di Papua Nugini (nama lokalnya adalah Auwo).

Enam puluh dua persen burung yang hilang terancam punah. Burung-burung yang hilang dan mendiami wilayah yang sering dikunjungi oleh masyarakat lokal, pengamat burung, konservasionis, dan ahli burung, kemungkinan besar terancam punah atau sangat terancam punah.

"Mendokumentasikan kelangsungan hidup burung-burung yang hilang sangat penting untuk mendukung langkah selanjutnya dalam melestarikan spesies-spesies ini. Kita perlu memastikan burung-burung ini bertahan hidup dan di mana melestarikan habitat mereka," ujar Daniel Lebbin, wakil presiden spesies yang terancam punah di American Bird Conservancy.

Karena perubahan iklim dan hilangnya keanekaragaman hayati terus berdampak pada planet ini, para ahli burung khawatir bahwa ada kemungkinan beberapa spesies memiliki risiko kepunahan yang lebih tinggi daripada yang disadari oleh para konservasionis, meskipun mereka tinggal di daerah terpencil dengan habitat yang cukup. Ekspedisi untuk menemukan spesies dapat membantu mengurangi ancaman terhadap spesies tersebut sebelum menjadi lebih buruk.

"Meskipun burung adalah kelompok yang paling banyak didokumentasikan dengan baik, setiap poin data tambahan membantu memfokuskan arah program," kata Christina Biggs, pemimpin Search for Lost Species di Re:wild dan salah satu penulis makalah tersebut.

Search for Lost Species, kata Biggs, ingin memastikan sumber daya yang ada digunakan untuk mencegah kepunahan spesies yang paling terancam punah, sehingga penelitian ini sangat berharga. Seiring dengan berlangsungnya kepunahan massal keenam, masih kata Biggs, sangat penting untuk mengembangkan lingkaran ilmiah dengan menyertakan pengetahuan masyarakat adat, komunitas lokal, dan pengetahuan sains warga negara, setiap informasi yang memungkinkan untuk menghentikan hilangnya keanekaragaman hayati.

Sejak diluncurkan pada 2021, Search for Lost Birds dan para mitranya telah mendukung proyek-proyek terkait spesies burung yang hilang di seluruh dunia, termasuk burung sabewing santa marta di Sierra Nevada de Santa Marta, Kolombia, parkit sinú di Alto Sinú, Kolombia, merpati pheasant-pheasant di Papua Nugini, burung hantu siau dan celepuk alis hitam di Indonesia, burung tyrannulet urich di Venezuela, bebek berkepala merah jambu di Myanmar, kokako Pulau Selatan di Selandia Baru, dan tetraka kehitaman di Madagaskar.

SHARE