Selera Konsumsi Energi Fosil Pecahkan Rekor Dunia

Penulis : Kennial Laia

Energi

Jumat, 21 Juni 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Konsumsi bahan bakar fosil dunia meningkat ke rekor tertinggi pada tahun lalu, yang  mendorong emisi lebih dari 40 gigaton karbon dioksida (CO2) untuk pertama kalinya.

Tinjauan tahunan energi global oleh Energy Institute menemukan, meskipun terjadi peningkatan penggunaan energi terbarukan pada 2023, konsumsi bahan bakar fosil juga terus meningkat. Presiden Energy Institute Juliet Davenport mengatakan, laporan tersebut mengungkap “tahun tertinggi di dunia yang haus energi” termasuk rekor konsumsi bahan bakar fosil yang tinggi, yang meningkat sebesar 1,5% menjadi 505 exajoule.

Temuan ini mengancam hilangnya harapan para ilmuwan iklim bahwa 2023 akan tercatat sebagai tahun di mana emisi tahunan mencapai puncaknya sebelum perekonomian bahan bakar fosil global mulai mengalami penurunan yang drastis.

Energy Institute, badan profesional global untuk sektor energi, menemukan bahwa meskipun emisi industri energi mungkin telah mencapai puncaknya di negara-negara maju, negara-negara berkembang terus meningkatkan ketergantungan mereka pada batu bara, gas, dan minyak.

Pembangkit Listrik Tenaga Batubara Scherer berdiri di kejauhan di Juliette, Ga, pada 3 Juni 2017. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Climactic Change pada Selasa, 12 Juli 2022, menghitung berapa banyak kerugian terkait iklim yang dimiliki negara-negara kaya. menyebabkan negara-negara miskin melalui emisi karbon mereka./Foto AP/Kamp Branden

Secara keseluruhan, bahan bakar fosil menyumbang 81,5% dari energi primer dunia pada tahun lalu, hanya turun sedikit dari 82% pada tahun sebelumnya, menurut laporan tersebut, meskipun pembangkit listrik tenaga angin dan surya menghasilkan listrik ramah lingkungan dalam jumlah yang mencapai rekor tertinggi.

Laporan tersebut, yang ditulis oleh konsultan di Klynveld Peat Marwick Goerdeler (MPMG) dan Kearney, menemukan bahwa tenaga angin dan surya meningkat sebesar 13% tahun lalu dan mencapai rekor baru sebesar 4.748 terawatt jam pada tahun 2023.

Namun jumlah tersebut belum cukup untuk mengimbangi pertumbuhan konsumsi energi primer dunia, yang meningkat sebesar 2% pada tahun lalu hingga mencapai rekor tertinggi sebesar 620 exajoule dan menyebabkan peningkatan penggunaan bahan bakar fosil.

Tinjauan tersebut menemukan bahwa selera dunia terhadap gas tetap stabil pada 2024, sementara konsumsi batu bara meningkat sebesar 1,6% dan permintaan minyak meningkat sebesar 2% hingga mencapai 100 juta barel per hari untuk pertama kalinya.

Simon Virley, kepala energi dan sumber daya alam di KPMG Inggris, mengatakan: “Di tahun dimana kita melihat kontribusi energi terbarukan mencapai rekor tertinggi baru, permintaan energi global yang terus meningkat berarti pangsa yang berasal dari bahan bakar fosil hampir tidak berubah,” katanya. 

Nick Wayth, kepala eksekutif Energy Institute, menambahkan bahwa kemajuan transisi energi yang “lambat” “menyembunyikan beragam kisah energi yang terjadi di berbagai wilayah geografis”.

“Di negara-negara maju, kami mengamati tanda-tanda permintaan bahan bakar fosil mencapai puncaknya, berbeda dengan negara-negara di wilayah selatan yang pembangunan ekonominya dan peningkatan kualitas hidup terus mendorong pertumbuhan fosil,” kata Wayth.

Laporan tersebut menemukan bahwa, di India, konsumsi bahan bakar fosil meningkat sebesar 8% pada tahun lalu, setara dengan peningkatan permintaan energi secara keseluruhan yang mencapai 89% dari seluruh penggunaan energi. Artinya, untuk pertama kalinya, lebih banyak batu bara yang digunakan di India dibandingkan gabungan batu bara di Eropa dan Amerika Utara, katanya.

Di Eropa, penggunaan bahan bakar fosil turun hingga di bawah 70% dari penggunaan energi primer untuk pertama kalinya sejak Revolusi Industri, didorong oleh menurunnya permintaan dan pertumbuhan energi terbarukan.

Secara khusus permintaan gas di Eropa terus menurun sejak invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina pada 2022, yang menyebabkan terhentinya impor gas melalui pipa ke Eropa. Permintaan gas secara keseluruhan turun sebesar 7% pada 2023, menurut laporan tersebut, setelah penurunan sebesar 13% pada tahun sebelumnya.

SHARE