Level CO2 Kembali Tembus Rekor

Penulis : Kennial Laia

Perubahan Iklim

Senin, 13 Mei 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Lonjakan terbesar yang pernah tercatat dalam jumlah karbon dioksida (CO2) di atmosfer dunia baru saja terjadi, menurut para peneliti yang memantau akumulasi gas utama yang terus-menerus memanaskan planet ini.

Konsentrasi rata-rata karbon dioksida global pada bulan Maret tahun ini adalah 4,7 bagian per juta (atau ppm), lebih tinggi dibandingkan Maret tahun lalu, yang merupakan rekor peningkatan kadar CO2 selama periode 12 bulan.

Menurut para ilmuwan, peningkatan ini dipicu oleh peristiwa iklim El Nino yang terjadi secara berkala, yang kini telah berkurang, serta terus meningkatnya jumlah gas rumah kaca yang dilepaskan ke atmosfer akibat pembakaran bahan bakar fosil dan penggundulan hutan.

“Sangatlah signifikan melihat laju peningkatan selama empat bulan pertama tahun ini, yang juga merupakan sebuah rekor,” kata Ralph Keeling, Direktur Program CO2 di Scripps Institution of Oceanography, UC San Diego. “Kita tidak hanya memecahkan rekor konsentrasi CO2, namun juga rekor seberapa cepat peningkatannya.”

Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) bertenaga batu bara melepaskan emisi karbon dioksida, yang menjadi salah satu faktor terbesar pemanasan global saat ini. Foto: loe.org

Pembacaan CO2 global diambil dari stasiun yang terletak di gunung berapi Mauna Loa di Hawaii sejak pengukuran dimulai pada 1958. Sejak saat itu, konsentrasi CO2 telah meningkat setiap tahunnya, karena gas yang memerangkap panas terus terakumulasi secara progresif akibat merajalelanya emisi dari pembangkit listrik, mobil, truk, dan sumber-sumber lainnya. Tahun lalu mencapai rekor global baru dalam hal emisi tahunan.

Pada Juni, Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) mengumumkan bahwa konsentrasi CO2 global telah mencapai 421ppm, peningkatan sebesar 50% dibandingkan masa pra-industri dan merupakan yang tertinggi dalam jutaan tahun. Data terbaru dari Mauna Loa menunjukkan tingkat CO2 di dunia adalah sekitar 426 ppm.

Sebelum manusia mulai mengeluarkan karbon dioksida dalam jumlah besar ke atmosfer melalui pembakaran bahan bakar fosil, tingkat CO2 berada di kisaran 280 ppm selama hampir 6.000 tahun peradaban manusia.

Peningkatan pesat gas yang memerangkap panas mengancam dunia dengan kerusakan iklim yang parah dalam bentuk gelombang panas yang parah, banjir, kekeringan, dan kebakaran hutan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tingkat CO2 terakhir berada pada tingkat setinggi ini sekitar 14 juta tahun yang lalu, sehingga menyebabkan iklim yang tampak asing bagi manusia yang hidup saat ini.

Rekor kenaikan CO2 tahunan sebelumnya terjadi pada 2016, di tengah peristiwa El Niño lainnya, yang menyebabkan lonjakan suhu global untuk sementara. Peningkatan standar tahunan sekitar 2-3ppm kemungkinan akan kembali terjadi setelah berakhirnya El Niño terbaru ini. Namun menurut Keeling, hal ini tidak berarti kabar yang membawa ketenangan. 

“Laju kenaikan hampir pasti akan turun, namun angkanya masih terus meningkat dan untuk menstabilkan iklim, dunia perlu menurunkan tingkat CO2,” katanya. 

“Hal itu jelas tidak terjadi. Aktivitas manusia telah menyebabkan CO2 meroket. Itu membuatku sedih lebih dari apapun. Sungguh menyedihkan apa yang telah kita lakukan pada bumi ini,” kata Keeling.

SHARE