Serangan Terhadap Jurnalis Lingkungan Naik 42% dalam 5 Tahun

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Pejuang Lingkungan

Jumat, 10 Mei 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID - Sedikitnya 749 jurnalis dan media yang melaporkan isu-isu lingkungan telah diserang dalam 15 tahun terakhir. Pada periode yang sama disinformasi online juga melonjak secara dramatis. Demikian isi laporan terbaru UNESCO pada Hari Kebebasan Pers Sedunia, 2 Mei 2024. Badan PBB yang didirikan dengan tujuan meningkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan pada keadilan, peraturan hukum, serta HAM ini menyerukan dukungan yang lebih kuat bagi jurnalis lingkungan dan tata kelola platform digital yang lebih baik.

Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay, mengatakan tanpa informasi ilmiah yang dapat diandalkan tentang krisis lingkungan yang sedang berlangsung, publik tidak akan pernah bisa berharap untuk mengatasinya. Namun, para jurnalis yang diandalkan untuk menyelidiki subjek ini dan memastikan informasi dapat diakses menghadapi risiko yang sangat tinggi di seluruh dunia, dan disinformasi terkait iklim merajalela di media sosial.

"Pada Hari Kebebasan Pers Sedunia, kita harus menegaskan kembali komitmen kita untuk membela kebebasan berekspresi dan melindungi jurnalis di seluruh dunia," kata Azoulay, dalam sebuah rilis resmi, Jumat (3/5/2024).

Dalam laporan terbarunya, yang berjudul Press and Planet in Danger, analisis UNESCO mengungkapkan contoh-contoh di mana setidaknya 749 jurnalis dan media berita yang melaporkan isu-isu lingkungan menjadi sasaran pembunuhan, kekerasan fisik, penahanan dan penangkapan, pelecehan daring, atau serangan hukum pada periode 2009-2023. Lebih dari 300 serangan terjadi antara 2019-2023, meningkat 42% dari periode lima tahun sebelumnya (2014-2018).

Aksi save jurnalis. Foto: Antara

Laporan yang diluncurkan pada Konferensi Global Hari Kebebasan Pers Sedunia 2024 di Santiago, Chili pada 2-4 Mei 2024, menekankan bahwa masalah ini bersifat global, dengan serangan yang terjadi di 89 negara di seluruh wilayah dunia.

Meningkatnya serangan fisik

Jenis serangan terhadap jurnalis Lingkungan menurut riset Unesco.

Observatorium Jurnalis yang Terbunuh dari UNESCO mencatat pembunuhan terhadap setidaknya 44 jurnalis yang menyelidiki isu-isu lingkungan selama 15 tahun terakhir, dan hanya 5 di antaranya yang berujung pada vonis bersalah--sebuah angka impunitas yang mengejutkan, yaitu hampir 90%.

Selain itu laporan itu juga menemukan bentuk-bentuk serangan fisik lainnya juga banyak terjadi, dengan 353 insiden. Laporan ini juga menemukan bahwa serangan meningkat lebih dari dua kali lipat dalam beberapa tahun terakhir, meningkat dari 85 serangan pada tahun 2014-2018 menjadi 183 serangan antara 2019-2023.

Dalam sebuah konsultasi dengan lebih dari 900 jurnalis lingkungan dari 129 negara yang dilakukan oleh UNESCO pada Maret 2024, 70% melaporkan mengalami serangan, ancaman, atau tekanan terkait pemberitaan mereka. Di antara mereka, dua dari setiap lima responden mengalami kekerasan fisik.

Data menunjukkan bahwa jurnalis perempuan lebih sering mengalami pelecehan online dibandingkan laki-laki, yang menggemakan tren yang diidentifikasi dalam laporan UNESCO sebelumnya, The Chilling: tren global kekerasan online terhadap jurnalis perempuan.

Selain serangan fisik, sepertiga jurnalis yang disurvei mengatakan bahwa mereka pernah disensor, dan hampir setengahnya (45%) mengatakan bahwa mereka menyensor sendiri ketika meliput lingkungan, karena takut diserang, narasumbernya terekspos, atau karena kesadaran bahwa berita mereka bertentangan dengan kepentingan pemangku kepentingan yang berkepentingan.

Salah satu hasil utama dari Konferensi Global Hari Kebebasan Pers Sedunia adalah Peta Jalan Global UNESCO untuk melawan disinformasi iklim, yang mengidentifikasi peran yang dapat dimainkan oleh pemerintah, media, akademisi dan peneliti, masyarakat sipil, serta platform digital untuk mendukung dan melindungi jurnalis lingkungan serta mendorong integritas informasi mengenai lingkungan dan perubahan iklim secara online.

Direktur Jenderal UNESCO akan membuka Konferensi bersama Presiden Chili Gabriel Boric dan mengumumkan peluncuran program hibah untuk memberikan dukungan hukum dan teknis kepada lebih dari 500 jurnalis lingkungan yang menghadapi penganiayaan, dan inisiatif baru untuk mendorong pemikiran kritis tentang disinformasi iklim dan untuk meningkatkan regulasi platform digital, sejalan dengan Pedoman Tata Kelola Platform Digital UNESCO, yang diluncurkan pada November tahun lalu.

Siapa aktor penyerang jurnalis Lingkungan menurut penelitian Unesco.

SHARE