Kisah Orangutan Amerika Harus Melahirkan Secara Caesar

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Sabtu, 04 Mei 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID - Luna, orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus) berusia 26 tahun di Busch Gardens, Tampa, Florida, Amerika Serikat, mendatangi layar jala yang memisahkan primata dengan perawatnya dan dengan senang hati menunjukkan perutnya yang buncit. Maria Spriggs, kepala dokter hewan di Busch Gardens, kemudian menggunakan waktu bermain dengan Luna tersebut untuk memasang alat USG dan memantau perkembangan kehamilannya.

“Dia sangat suka memakan gel ultrasound. Menurutnya itu sangat menyenangkan,” kata Spriggs, dilansir dari Tampa Bay Times, Rabu (1/5/2024), mengenang masa-masa perawatan kehamilan Luna.

Luna telah melahirkan bayinya dengan selamat pada 13 April 2024. Apa istimewanya kelahiran itu?

Menurut Association of Zoos & Aquariums (AZA), kelahiran itu merupakan peristiwa langka, jika bukan bersejarah. Luna melahirkan secara caesar. Meski bukan operasi caesar pertama, namun hanya ada 11 operasi caesar dari 139 kelahiran spesies yang terancam punah ini dalam 20 tahun terakhir di kebun binatang di Amerika.

Tim medis di Busch Gardens di Tampa menunjukkan bayi orangutan kalimantan betina yang baru lahir dan terancam punah yang dilahirkan melalui operasi caesar pada Sabtu, 13 April 2024, di Tampa. Foto: Howard Lin/Tampa Bay Times.

Sebuah tim yang terdiri dari hampir dua lusin tenaga medis profesional dipanggil untuk membantu persalinan Luna. Tidak hanya dokter hewan namun juga dokter manusia yang berspesialisasi dalam perawatan persalinan dan bayi baru lahir. Mereka menceritakan kisah mereka tentang hari yang luar biasa di Pusat Perawatan Satwa di taman hiburan ini ketika mereka menyelamatkan bayi menggunakan peralatan dari bangsal bersalin.

Karena manusia dan kera besar sangat mirip dalam hal biologi, taman hiburan ini meminta Dr. Catherine Lynch, seorang dokter kandungan dan kebidanan yang terkenal di Tampa, untuk melihat gambar-gambar yang dapat mereka tangkap dari USG. Pada kunjungan di awal April, Dr. Lynch terkejut. Bayi yang dikandung Luna kondisinya sungsang, berbaring telungkup, bukannya kepala di dalam rahim. Yang lebih mengkhawatirkan lagi, tali pusarnya berada di bawahnya.

“Jika itu keluar lebih dulu, itu akan menjadi bencana bagi bayinya. Memotong suplai oksigennya,” kata Lynch.

Lynch, yang berpraktik di Rumah Sakit Umum Tampa dan juga mengajar mahasiswa kedokteran di University of South Florida, sejak akhir 1990-an telah membantu memantau primata hamil di Busch Gardens.

“Mereka memiliki rahim yang sangat mirip dengan manusia,” katanya.

Demi keamanan, Spriggs tidak bisa memasukkan tangannya ke dalam kandang selama USG, sehingga gambar yang dihasilkan lebih mirip foto.

“Di situlah bermitra dengan Dr. Lynch di USF telah menjadi kunci untuk pemantauan prenatal kami, karena dia melihat gambar-gambar ini setiap saat,” kata Spriggs.

Setelah melihat adanya bahaya sungsang, Lynch menjadwalkan operasi caesar, seperti yang dilakukannya pada pasien manusianya, dengan mengatur waktu sedekat mungkin dengan tanggal persalinan.

Ini bukan persalinan kera besar pertama bagi sang dokter. Lynch, istri dari mantan Walikota Tampa Bob Buckhorn, telah puluhan tahun membantu pemeriksaan kesehatan hewan, yang mirip dengan pemeriksaan panggul tahunan wanita.

“Begitu Anda mulai melihat sesuatu dengan USG, Anda akan berkata, 'Ya, itu rahimnya. Kelihatannya sama saja. Ini sangat berbeda dengan rahim babi atau rahim anjing,” kata Lynch.

Pada 2003, ia pernah dipanggil untuk membantu orangutan lain. Setelah 40 jam persalinan, persalinan tidak mengalami kemajuan dan hewan yang kelelahan itu merintih kesakitan.

“Mereka membiusnya dan kami membentuk tim dan kami tidak tahu apakah bayinya akan hidup atau mati,” kata Lynch. Mereka memperlakukannya seperti operasi caesar pada umumnya, dan melahirkan bayi yang sehat.

Dua tahun setelah itu, salah satu gorila asli taman nasional ini hamil, namun mengalami pendarahan. Lynch mengidentifikasinya sebagai plasenta previa, yang dapat menyebabkan pendarahan hebat selama persalinan dan dapat membahayakan ibu dan bayi. Dia kembali mengawasi operasi caesar yang sukses.

Kelahiran tahun ini bukanlah yang pertama kalinya Luna membutuhkan Lynch dan Spriggs untuk menolongnya melewati proses persalinan. Luna pernah mengalami kehamilan sebelumnya pada 2017, dan tampak berkembang dengan baik saat melahirkan bayinya. Namun Lynch dipanggil ketika para penjaga hewan menyadari bahwa lubang salin Luna telah melebar sepenuhnya dan memuncak, tetapi tampak bingung tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk persalinan.

“Jadi, saya dan salah satu keeper lainnya tiarap di lantai kandang orangutan, mendemonstrasikan agar Luna memegang kakinya dan meyakinkannya bahwa bayinya akan keluar. Kami berada di bawah sana menunjukkan kepadanya apa yang harus dilakukan dan dia meniru apa yang kami lakukan. Dan kemudian bayinya keluar,” kata Lynch.

“Jadi, tambahkan ‘Doula untuk Kera Besar’ ke dalam daftar riwayat hidup saya.”

Mereka berharap Luna akan melahirkan secara normal lagi kali ini, tetapi bayinya tidak berubah ke posisi kepala di bawah. Lynch datang pada 13 April untuk melakukan pemeriksaan USG, dengan harapan dapat menjadwalkan operasi caesar pada Kamis berikutnya. Tetapi Luna sangat gelisah dan gelisah, kata para penjaganya, sebuah indikasi bahwa dia akan melahirkan.

Lynch membunyikan alarm dan tim spesialis anestesi dari University of Florida, tim kebidanan dan neonatologi dari Rumah Sakit Umum Tampa, serta dokter hewan dari Busch Gardens memenuhi Pusat Perawatan Satwa di taman tersebut. Anestesi diberikan pada Sabtu pukul 16.30 waktu setempat, itu selama 90 menit.

Para spesialis medis dibagi menjadi Tim Luna, untuk menangani persalinan, persalinan dan pemulihan, dan Tim Bayi, untuk mengambil alih setelah kelahiran. Untuk bayi yang baru lahir, mereka harus menjaga detak jantung, pernapasan, dan suhu agar seimbang--dan mereka harus membangunkan bayi, karena sang ibu (Luna) telah dibius total.

Operasi caesar adalah operasi yang cukup cepat, kata Lynch, meskipun dengan posisi bayi yang sungsang, dibutuhkan sedikit goyangan untuk mengeluarkannya dari rongga ibu dan melalui sayatan.

“Terutama ketika anda memiliki lengan yang secara signifikan lebih panjang dari lengan manusia,” kata Lynch.

Ketika bayi itu keluar pada pukul 18.08 waktu setempat, terdengar sorak-sorai spontan di ruang operasi. Si kecil diserahkan kepada Tim Bayi, sementara Tim Luna mengambil alih membalut luka-luka Luna, menggunakan jahitan dalam agar orangutan tidak tergoda untuk mencabik-cabiknya.

Tara Randis, Kepala Divisi Neonatologi USF yang juga berpraktik di TGH, membawa tim perawat dan dokter spesialis yang biasa menangani kehamilan berisiko tinggi. Karena Luna harus dibius, bayi tersebut keluar dari rahim dalam keadaan bungkuk. Meskipun 3,4 kilogram termasuk kecil untuk ukuran bayi manusia, namun itu adalah ukuran normal untuk bayi orangutan, kata Spriggs.

Mereka menyedot jalan napasnya karena ia tidak segera bernapas dan memasang selang pernapasan. Mereka memberinya suntikan di kaki, yang diberikan oleh dokter hewan, untuk membangunkannya dan membalikkan pembiusan. Dia kedinginan, jadi mereka membungkusnya dengan selimut penghangat, memantau detak jantungnya, dan menjaganya agar tetap bernapas dengan selang.

Mirip dengan mainan dan alat penghangat yang diberikan kepada bayi baru lahir, orangutan yang lahir melalui operasi caesar di Busch Gardens memeluk boneka binatang sambil dikelilingi selimut penghangat. Foto: Jesse Adair/Tampa Bay Times.

Kemudian bayi ini melakukan refleks menggemaskan yang biasa dilakukan oleh bayi baru lahir, jari-jari panjangnya keluar dari balik selimut penghangat dan menggenggam jari dokter. Bayi orangutan itu kemudian terus menggapai dan menggenggam jari-jari ketiga anggota tim, yang kemudian bersorak-sorai.

"Dan karena orangutan lima sampai tujuh kali lebih kuat dari manusia. Itu adalah genggaman yang sangat kuat,” kata Randis.

Hari-hari berikutnya dihabiskan untuk menyembuhkan kedua hewan tersebut dengan tujuan untuk menyatukan mereka kembali. Para ahli neonatologi menekankan bahwa kontak “kulit-ke-kulit” dan menyusui sangat penting dalam proses ikatan.

Dalam beberapa hari, ibu dan anak itu bersatu kembali dan, dalam video yang mengharukan yang diposting di media sosial, Luna terlihat menjulang tinggi di atas bayi mungil yang baru lahir, dengan lembut mengangkatnya dari sarang jerami dan meletakkan bayi itu di pundaknya. Bayi itu segera mencengkeram rambut wajah ibunya yang panjang saat Luna menepuk-nepuk punggungnya dengan lembut. Mereka menjalin ikatan dan baik-baik saja, demikian laporan para pemeliharanya.

“Sungguh luar biasa betapa miripnya ini. Hal ini memperkuat betapa pentingnya hal-hal dasar yang kita lakukan untuk mendorong ikatan, perawatan dan perhatian. Perawatan itu, dan mengenali kebutuhan mereka berdua, adalah bagian terpenting dari apa yang kami lakukan,” kata Randis, yang belum pernah berpartisipasi dalam latihan di kebun binatang seperti ini.

SHARE