INC4: Atur Seluruh Siklus Hidup Plastik!

Penulis : Kennial Laia

Lingkungan

Kamis, 25 April 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Perundingan PBB terkait perjanjian global pertama untuk mengurangi lonjakan sampah plastik memasuki hari pertama pada Selasa, 23 April 2024 di Ottawa, Kanada. Dihadiri negara-negara di seluruh dunia, ketua pertemuan Intergovernmental Negotiating Committee keempat (INC4) tersebut, Luis Vayas Valdivieso, mengatakan negara-negara harus bersatu untuk mencapai kesepakatan. 

Luis, Duta Besar Ekuador untuk Inggris yang akan memimpin perundingan selama 23-29 April, mengakui bahwa mengatasi kebuntuan yang muncul antara negara-negara penghasil plastik dan negara-negara lain yang memiliki ambisi untuk mengatasi polusi plastik merupakan sebuah tantangan. 

Valdivieso mengatakan, perundingan antarpemerintah PBB mengenai instrumen internasional yang mengikat secara hukum mengenai polusi plastik di masa depan ini membutuhkan kompromi. 

“Ini adalah sebuah negosiasi, ada kawasan dan negara dengan posisi tertentu yang kami pahami. Kita tahu polusi plastik berdampak pada lingkungan, kita tahu polusi plastik berdampak pada kesehatan manusia karena zat-zat yang terkandung dalam plastik,” katanya, Selasa, 23 April 2024. 

Seorang pria berjalan di atas gunungan botol-botol plastik sambil membawa sekarungnya untuk dijual untuk didaur ulang setelah menimbangnya di tempat pembuangan sampah di daerah kumuh Dandora di Nairobi, Kenya pada 5 Desember 2018. Sidang Majelis Lingkungan PBB, 28 Februari hingga 2 Maret 2022 di Kenya, diharapkan untuk mengusulkan kerangka kerja internasional untuk mengatasi masalah sampah plastik yang berkembang di lautan, sungai, dan lanskap dunia./Foto: AP/Ben Curtis

“Sangat penting bagi kita untuk menegosiasikan perjanjian ini sekarang. Dunia berada dalam tiga krisis yaitu perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, dan polusi. Meskipun sudah ada perjanjian untuk dua perjanjian pertama, kita tidak mempunyai peraturan perundang-undangan, dan tidak ada perjanjian global mengenai polusi plastik,” ujar Valdivieso. 

Dalam perjanjian bersejarah pada Maret 2022, negara-negara mengadopsi mandat pembukaan perundingan perjanjian global yang mengikat secara hukum untuk mengatasi seluruh siklus hidup plastik.

Perundingan sebelumnya di Nairobi terhenti pada November 2023 ketika negara-negara penghasil minyak mengusulkan untuk fokus pada pengelolaan limbah daripada mengurangi produksi plastik. Sebagian besar – 98% – plastik sekali pakai terbuat dari bahan bakar fosil, dan tujuh perusahaan penghasil plastik teratas adalah perusahaan bahan bakar fosil, menurut data tahun 2021.

Graham Forbes, pemimpin proyek plastik global di Greenpeace AS, mengatakan: “Anda tidak dapat menyelesaikan krisis polusi kecuali Anda membatasi, mengurangi, dan membatasi produksi plastik.”’

Valdivieso mengatakan sangat penting untuk mengembalikan perjanjian tersebut ke jalurnya. Meskipun akan ada banyak tantangan, karena plastik merupakan bagian besar dari perekonomian dunia. 

“Namun mandat kami adalah mengatur seluruh siklus hidup plastik. Tantangannya adalah mendefinisikan hal itu,” kata Valdivieso. 

“Tapi yang jelas kita tidak bisa mengatur jumlah plastik yang kita produksi. Hanya 10% saja yang didaur ulang, sesuatu perlu dilakukan dan itulah mengapa negosiasi ini sangat penting. Kita perlu memiliki pendekatan siklus hidup secara keseluruhan,” katanya. 

Valdivieso mengatakan dia yakin perundingan tersebut akan mengarah pada penandatanganan perjanjian pertama yang mengikat secara hukum mengenai polusi plastik, dalam perjanjian gaya Paris pada tahun depan. Pembicaraan minggu ini di Ottawa akan dilanjutkan dengan pembicaraan di Korea pada akhir tahun ini dan dia mengatakan bahwa naskah tersebut akan siap untuk ditandatangani oleh semua negara untuk deklarasi perjanjian tahun depan.

Ekuador adalah salah satu dari empat negara yang mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah konferensi diplomatik – di mana perjanjian tersebut akan ditandatangani, dan ingin mengadakan acara tersebut di Kepulauan Galápagos, yang perairannya ditetapkan sebagai situs warisan Unesco namun mengalami polusi plastik.

Salah satu diskusi minggu ini di Ottawa adalah memutuskan di mana perjanjian tersebut akan ditandatangani.

“Setiap orang menderita akibat dampak polusi plastik. Bukan hanya negara berkembang, dan negara kepulauan, tapi semua orang. Jika kita tidak melakukan sesuatu, kita akan menyerahkan masalah ini kepada generasi mendatang,” kata Valdivieso. 

SHARE