Mayora, Wings, dan Salim Masuk 10 Besar Polluter Plastik Asia

Penulis : Aryo Bhawono

Sampah

Rabu, 24 April 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Break Free From Plastic (BFFP) melakukan brand audit sampah plastik dan mendapati 10 perusahaan dari Eropa, Indonesia, India, Filipina, Amerika Serikat, dan Singapura sebagai pencemar kantong plastik terbesar di Asia. Perusahaan multinasional asal Inggris, Unilever, juga tercatat sebagai pencemar saset teratas pada tahun 2023. Ranking perusahaan itu konsisten sejak lembaga itu melakukan audit pada 2018. 

Sedangkan perusahaan pencemar terbesar dari Indonesia adalah Mayora Indah, Wings, dan Salim Group. 

Perusahaan dari India tercatat Wadia Group dan Balaji Wafers Private Limited.  Dari Singapura di antaranya perusahaan multinasional Amerika Procter & Gamble dan Yes 2 Healthy Life. Selain itu terdapat konglomerat multinasional Swiss Nestlé dan JG Summit Holdings dari Filipina.

Mereka semua diidentifikasi sebagai perusahaan yang menjual barang-barang konsumen makanan, minuman olahan, serta produk perawatan pribadi, yang sebagian besar memproduksi plastik sekali pakai sebagai kemasan.

Banyak sampah plastik sekali pakai berakhir di lingkungan, seperti sungai dan lautan, yang kemudian mengancam ekosistem. Dok Phys.org

Audit ini mengumpulkan total 33.467 saset yang ditelusuri ke 2.678 merek berbeda pada rentang Oktober 2023 hingga Februari 2024. Sampah plastik tersebut dikumpulkan di 50 lokasi di Filipina, India, India, dan Vietnam.

Dari empat negara Asia, Filipina memiliki jumlah sachet terbanyak, yaitu 32 persen dari total regional, atau 10.801 buah.

Staf program dari Mother Earth Foundation, Regine Joy Nayve, menyebutkan di Filipina budaya saset telah mengambil alih budaya tingi di Filipina. Budaya ini memuat tindakan penggunaan kemasan secara berkelanjutan. 

“Perkiraan yang mengejutkan adalah 164 juta keping saset digunakan dan dibuang setiap hari di Filipina,” kata dia seperti dikutip dari Climate Tracker Asia.

Jumlah ini hanyalah sebagian kecil dari perkiraan 855 miliar saset yang terjual secara global setiap tahunnya yang berkontribusi signifikan terhadap polusi plastik.

Plastik pada dasarnya terkait dengan krisis iklim. Produksi plastik adalah proses yang intensif karbon, mulai dari ekstraksi dan pemurnian bahan mentah hingga pembuatan produk, aktivitas ini memerlukan bahan bakar fosil dan mengeluarkan gas rumah kaca (GRK) yang memanaskan bumi.

Koordinator Proyek BFFP, Sachet Miko Alino, menjelaskan plastik juga mengeluarkan GRK bahkan setelah digunakan dan dibuang.

“Pemerintah kota terpaksa membakarnya sehingga melepaskan racun ke udara, atau membuangnya ke tempat pembuangan sampah yang sudah padat. Saset merusak pemandangan indah kita dan juga merugikan roda perekonomian penting di kawasan ini, seperti industri pariwisata,” ucap dia.

Sementara itu, plastik yang berakhir di lautan juga melepaskan gas rumah kaca, seperti metana dan etilen, yang terurai akibat panas dan paparan sinar matahari. Sampah ini juga menghambat kemampuan plankton laut untuk menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena sekitar 50% produksi oksigen bumi berasal dari laut.

Jika perusahaan terus menggunakan plastik sekali pakai dan menolak mengubah praktiknya, umat manusia mungkin akan melihat masa depan yang lebih hangat karena dunia gagal membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5 derajat Celcius.

“Pada tahun 2050, produksi dan pembuangan plastik dapat menghasilkan emisi rumah kaca yang setara dengan 615 pembangkit listrik tenaga batu bara setiap tahunnya dan mengonsumsi hingga 13% sisa anggaran karbon bumi,” kata presiden dan CEO Center for International Environmental Law, dalam Plastic Laporan Koalisi Polusi, Carroll Muffett. 

Masa depan bebas plastik

Larangan plastik pertama diterapkan di Bangladesh pada tahun 2002. Kebijakan ini diberlakukan sekitar tujuh dekade ditemukan jenis plastik paling melimpah, polietilenpada tahun 1933. 

Namun permasalahan plastik di dunia semakin memburuk. Pada tahun 2023, PBB melaporkan bahwa produksi plastik global mencapai sekitar 430 juta metrik ton setiap tahunnya.

“Korporasi adalah pihak yang mendorong terjadinya krisis plastik di Filipina, namun mereka juga dapat membantu memecahkan masalah yang ditimbulkan oleh produk mereka. Dengan saset yang menyumbang 52% dari sisa sampah plastik di negara ini dan produksi plastik yang semakin besar, tidak ada keraguan bahwa perusahaan harus bertindak sekarang,” jelas Juru Kampanye Zero Waste dari Greenpeace Filipina, Marian Ledesma.

BFFP meminta perusahaan-perusahaan untuk menghentikan penggunaan saset, membagikan data penggunaan plastik secara publik, mengakhiri dukungan terhadap solusi yang salah, merancang ulang model bisnis, dan berinvestasi dalam sistem pengiriman produk yang lebih baik.

Mother Earth Foundation berupaya merancang ulang sistem yang ada saat ini, mendukung sistem isi ulang dan penggunaan kembali, serta menyarankan pemulihan budaya “tingi” Filipina yang berkelanjutan.

Presiden dan pendiri Aliansi Pekerja Sampah Nasional Filipina, Aloja Santos, mengatakan para pekerja sampah sangat mendukung inisiatif yang bertujuan mengurangi polusi plastik dan mempromosikan opsi penggunaan kembali.

Relawan dari negara-negara Asia lainnya yang terlibat dalam proyek ini juga menyampaikan keprihatinan mereka mengenai plastik.

SHARE