Emisi Produksi Plastik Bakal Melonjak Tiga Kali Lipat pada 2050

Penulis : Kennial Laia

Lingkungan

Rabu, 24 April 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Pada pertengahan abad ini, emisi global dari produksi plastik bisa meningkat tiga kali lipat sehingga menyumbang seperlima dari sisa anggaran karbon bumi, demikian temuan sebuah analisis.

Perkiraan baru ini terungkap dalam riset Lawrence Berkeley National Laboratory, yang diterbitkan pada Rabu lalu. Laporan itu memberikan lebih banyak bukti bahwa industri plastik merusak upaya dunia untuk mengatasi perubahan iklim, menurut Heather McTeer Toney, direktur eksekutif kampanye Beyond Petrochemicals dari Bloomberg Philanthropies yang membantu mendanai laporan tersebut. 

Produksi plastik yang terbuat dari bahan bakar fosil memerlukan banyak gas rumah kaca. Batu bara, minyak, atau gas pertama-tama harus ditambang atau diekstraksi. Bahan-bahan ini kemudian harus dimurnikan dan diproses dengan prosedur lain yang menghasilkan banyak emisi. Dalam beberapa kasus, senyawa kimia lain seperti formaldehida juga harus diproduksi, sehingga menimbulkan lebih banyak polusi.

Petrokimia kemudian “dipecahkan” menjadi bahan penyusun plastik seperti etilen – aspek produksi plastik dengan jumlah emisi terbesar. Emisi tambahan berasal dari proses polimerisasi – yang menggabungkan bahan-bahan penyusun tersebut untuk membentuk molekul yang lebih besar – dan kemudian membentuknya menjadi produk, kata laporan tersebut.

Sampai plastik di Pesisir. Foto: KLHK/Istimewa

Untuk memperkirakan total emisi yang terkait dengan produksi plastik, penulis meneliti dampak gas rumah kaca dari sembilan jenis plastik yang paling umum, yang digunakan untuk membuat kemasan plastik, botol air, wadah minuman panas, dan bahan lainnya.

Pembuatan plastik menghasilkan 2,24 gigaton polusi yang menyebabkan pemanasan global pada 2019, atau setara dengan 600 pembangkit listrik tenaga batu bara. Pada tahun tersebut, emisi karbon dari plastik menyumbang 5% dari seluruh emisi karbon global, 12% dari permintaan minyak dunia, dan 8,5% dari permintaan gas, demikian temuan laporan tersebut.

Peneliti memperkirakan jumlah tersebut akan meningkat secara dramatis. Ini karena industri plastik berada pada jalur pertumbuhan eksponensial, dengan produksi diperkirakan akan meningkat dua atau bahkan tiga kali lipat pada 2050.

Jika produksi meningkat sebesar 4% setiap tahun, atau meningkat dua kali lipat dalam seperempat abad, emisi akibat pemanasan global dapat mencapai 6,78 gigaton pada 2050 – setara dengan emisi lebih dari 1.700 pembangkit listrik tenaga batu bara.

Dekarbonisasi penuh pada jaringan listrik – yang merupakan fokus utama rencana iklim global – dapat membatasi dampak iklim ini, namun tetap akan menempatkan dunia pada jalur yang berbahaya. Sebanyak 70% bahan bakar fosil yang digunakan dalam pembuatan plastik berasal dari bahan mentah yang digunakan dalam produksi – bukan listrik yang digunakan dalam pemrosesan – tulis para peneliti.

Hasilnya, bahkan jika dunia bisa mencapai listrik sepenuhnya bebas karbon pada 2050, produksi plastik akan menghasilkan 5,13 gigaton polusi pada tahun tersebut berdasarkan skenario pertumbuhan tahunan sebesar 4%.

Mencegah pertumbuhan yang eksplosif ini dapat mengurangi dampaknya. Bahkan jika produksi tetap stabil, pada 2050 produksi tersebut akan menyumbang 15 hingga 19% dari sisa anggaran karbon global untuk menjaga suhu rata-rata global pada 1,5C, demikian temuan laporan tersebut.

Bahkan dengan jaringan listrik yang sepenuhnya terdekarbonisasi, persentasenya masih bisa mencapai 16%, menurut laporan tersebut. 

Laporan ini dirilis sebelum pertemuan Komite Negosiasi Antarpemerintah (INC4) ke-4 untuk perjanjian plastik global yang dimulai minggu ini di Ottawa, Kanada.

Neil Tangri, direktur ilmu pengetahuan dan kebijakan di kelompok keadilan lingkungan Global Alliance for Incinerator Alternatives, yang meninjau laporan tersebut, mengatakan bahwa temuan ini memperjelas bahwa produksi plastik adalah “merusak iklim kita” dan ia berharap hal ini akan mempengaruhi negosiasi di masa mendatang.

“Laporan ini memberikan para negosiator bukti ilmiah terkuat hingga saat ini mengenai perlunya menghentikan dan membalikkan perluasan produksi plastik,” kata Tangri. 

Dalam analisis singkat yang belum dirilis, organisasi Tangri menemukan bahwa perkiraan tersebut menunjukkan bahwa produksi plastik dapat menghabiskan seluruh anggaran karbon dunia sebelum akhir abad ini. Namun mereka juga berpendapat bahwa pembatasan produksi plastik dapat menghasilkan manfaat iklim yang sangat besar, kata Tangri.

“Jika perjanjian ini memaksa perusahaan untuk mengurangi produksi plastik secara signifikan – setidaknya 12% per tahun berdasarkan perhitungan kami – kita masih dapat mempertahankan target 1,5 derajat dunia dan membendung dampak plastik terhadap iklim,” katanya.

Membatasi produksi plastik dapat memberikan dampak positif lainnya, tulis para penulis, termasuk pada kesehatan masyarakat. Petrokimia, yang merupakan bahan dasar plastik, telah meracuni masyarakat yang bertetangga dengan fasilitas produksi dengan polusi penyebab kanker. 

Plastik juga menghasilkan emisi beracun dan menyebabkan pemanasan global di akhir masa pakainya jika dibakar di insinerator atau dibuang ke tempat pembuangan sampah.

Meskipun dampak perubahan iklim sangat besar, proposal yang ada saat ini untuk mengurangi polusi plastik berdasarkan perjanjian tersebut, yang digambarkan sebagai kesepakatan lingkungan hidup paling penting sejak Perjanjian Iklim Paris tahun 2015, “belum mencakup pertimbangan eksplisit mengenai dampak iklim”, tulis para penulis.

SHARE