Ikan Terdalam Ditemukan di Kedalaman 8.300 M di Laut Jepang

Penulis : Kennial Laia

Satwa

Selasa, 04 April 2023

Editor : Raden Ariyo Wicaksono

BETAHITA.ID -  Para ilmuwan telah merekam seekor ikan yang berenang lebih dari 8 kilometer di bawah air. Temuan ini menjadi rekor baru untuk ikan terdalam yang pernah tercatat. 

Ikan tersebut merupakan spesies ikan siput tak dikenal yang termasuk dalam genus Pseudoliparis. Satwa ini direkam pada kedalaman 8.336 meter di parit laut Izu-Ogasawara, tenggara Jepang.

Rekaman itu diambil dari kapal laut dalam otonom sebagai bagian dari ekspedisi dua bulan yang dimulai tahun lalu.

Beberapa hari setelah ikan siput itu difilmkan, para ilmuwan menangkap gambar dua ikan siput lainnya, dari spesies Pseudoliparis belyaevi, di parit laut Jepang dari kedalaman 8.022 meter.

Gambar ikan siput direkam oleh kapal laut dalam otonom sebagai bagian dari ekspedisi dua bulan oleh para peneliti. Dok Pusat Penelitian Laut Dalam Minderoo-UWA

Tim ilmuwan tersebut mengatakan ini adalah ikan pertama yang pernah dikumpulkan dari kedalaman lebih dari 8.000 meter.

Para ilmuwan dari Minderoo-University of Western Australia Deep Sea Research Center dan Tokyo University of Marine Science and Technology memulai penjelajahan parit Jepang, Izu-Ogasawara dan Ryukyu – yang masing-masing memiliki kedalaman 8.000, 9.300 dan 7.300 meter – sebagai bagian dari dari studi selama satu dekade ke dalam populasi ikan terdalam di dunia.

Dalam riset tersebut, para peneliti menggunakan kapal selam tak berawak yang dikenal sebagai pendarat, untuk memasang kamera berumpan di bagian terdalam dari parit laut tersebut. 

Ada lebih dari 400 spesies ikan siput yang dikenal, yang hidup di berbagai habitat mulai dari perairan dangkal hingga kegelapan laut dalam.

Kepala ilmuwan ekspedisi dan pendiri Pusat Penelitian Laut Dalam Minderoo-UWA, Prof Alan Jamieson, mengatakan adaptasi khusus memungkinkan beberapa spesies ikan siput hidup sekitar 1.000 meter lebih dalam dibandingkan ikan laut dalam berikutnya.

Pada 8.000 meter di bawah air, tekanannya 800 kali lebih besar daripada di permukaan laut.

"Ketika Anda membayangkan seperti apa ikan terdalam di dunia, kemungkinannya adalah keriput, hitam, dengan gigi besar dan mata kecil," kata Jamieson. "Kemungkinannya tidak ada hubungannya dengan laut dalam - itu ada hubungannya dengan kegelapan."

Adaptasi laut dalam cenderung kurang terlihat jelas, katanya. “Salah satu alasan [ikan siput] sangat sukses beradaptasi adalah mereka tidak memiliki kantung renang. Mencoba mempertahankan rongga gas sangat sulit pada tekanan tinggi.”

Ikan siput juga tidak memiliki sisik, namun memiliki lapisan agar-agar yang digambarkan Jamieson sebagai "adaptasi yang tidak mahal secara fisiologis".

Satwa terdalam yang tertangkap dalam film adalah ikan remaja. Berbeda dengan spesies ikan laut dalam lainnya, ikan siput muda umumnya ditemukan di kedalaman yang lebih dalam ketimbang ikan dewasa.

Kedalaman ikan di parit Izu-Ogasawara mengalahkan rekor sebelumnya yaitu 8.178 meter, yang dibuat pada 2017 oleh ikan siput Mariana di Palung Mariana, dengan kedalaman 158 meter.

Jamieson, yang juga membuat penemuan tahun 2017 tersebut, mengatakan ekspedisi Jepang mengonfirmasi teori lama bahwa ikan siput Mariana tidak akan menjadi ikan terdalam di dunia.

Perairan di Izu-Ogasawara, yang terletak lebih jauh ke utara palung Mariana di Samudra Pasifik, hanya sepersekian derajat lebih hangat, yang menurut Jamieson membuat perbedaan signifikan pada kedalamannya.

“Suhu dan tekanan keduanya saling terkait,” kata Jamieson. "Saat kita pergi ke tempat yang lebih dingin, semuanya menjadi lebih dangkal, dan saat kita pergi ke tempat yang lebih hangat, segalanya menjadi lebih dalam."

Hampir satu dekade lalu, Jamieson dan rekan-rekannya berhipotesis bahwa secara biologis mustahil bagi ikan untuk bertahan hidup di kedalaman lebih dari 8.200 hingga 8.400 meter.

"Semua ikan memiliki osmolit, cairan dalam sel mereka yang mereka gunakan untuk melawan tekanan - itulah yang membuat bau amis itu," kata Jamieson. “Satu-satunya hal, ketika Anda melihat ikan dari sudut pandang biokimia, yang linier dengan kedalaman adalah konsentrasi cairan itu.

“Ketika Anda mencapai kedalaman sekitar 8.200 hingga 8.400 meter – variasinya mungkin bergantung pada suhu… mencapai apa yang disebut isosmosis, yang berarti Anda tidak dapat lagi meningkatkan konsentrasi cairan itu di dalam sel.

“Setelah bertahun-tahun [teori] ini, tampaknya cukup solid. Kami telah melakukan hampir 250 penyisiran, dan jendelanya menyempit ke titik di mana pada ekspedisi Jepang ini, kami melihat ikan siput setiap penyebaran hingga yang terakhir ini [8.336 meter].”

SHARE