Hiu Purba Misterius Terdampar Mati di Pantai Cornwall

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Jumat, 25 Maret 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Seekor hiu greenland (Somniosus microcephalus) yang langka, ditemukan terdampar dalam keadaan mati di Pelabuhan Newlyn di Pantai Cornwall pada 13 Maret 2022 lalu. Bangkai hiu ini membuat para ilmuwan takjub. Lantaran hiu langka ini diperkirakan lahir pada masa pemerintahan Raja Henry VIII.

Dilansir dari Daily Star, hiu greenland yang diperkirakan berusia antara 250 dan 500 tahun ini, ditemukan oleh pejalan kaki di pantai di Pelabuhan Newlyn dekat Penzance, pada 13 Maret 2022 memicu seruan mendesak untuk pemulihannya.

Saat bangkai hiu itu ditemukan, staf Cornwall Wildlife Trust dihubungi dan tiba di pantai dalam waktu satu jam. Tetapi kondisi air pasang yang datang mengakibatkan tubuh itu hiu terseret kembali ke laut.

Sejak terseret kembali ke laut bangkai hiu ini tak lagi bisa ditemukan. Hingga Rabu (16/3/2022) kemarin seorang awak kapal dari perusahaan wisata Mermaid Pleasure Trips menemukan bangkai hewan itu dan membawanya ke darat.

Bangkai hiu Greenland ditemukan terdampar di Pantai Cornwall 13 Maret 2022 lalu. Marine Strading Network memperkirakan Hiu Greenland tersebut berusia antara 250 dan 500 tahun./Foto: Marine Strading Network/Apex

Para ahli memperkirakan hiu itu bisa saja lahir pada masa Henry VIII sebagai Raja--dari 1509 hingga 1547--tetapi hal itu belum dikonfirmasi oleh pemeriksaan post-mortem oleh Marine Strandings Network.

Temuan ini akan digunakan dalam penyelidikan terdamparnya mamalia laut, yang juga termasuk lumba-lumba dan paus. Tetapi sementara itu, Marine Strandings Network Cornwall Wildlife Trust berterima kasih kepada kru atas pengevakuasian bangkai hiu itu.

"Kami sangat senang untuk memberi tahu Anda bahwa kru yang luar biasa dari Mermaid Pleasure Trips, Penzance, Trev dan Kingsley, malam ini menemukan dan membawa hiu greenland mati yang sebelumnya terdampar pada hari Minggu dan kemudian terdampar kembali ke laut. Bagus sekali Trev dan Kingsley, kalian melengkapi legenda!"

Hiu greenland diketahui berasal dari Arktik dan Samudra Atlantik Utara, tetapi dapat ditemukan di perairan dalam di sekitar Inggris. Marine Conservation Society menyebut hiu ini sangat jarang dapat ditemukan di perairan Inggris. Sejauh ini hanya ada satu hiu greenland lainnya yang ditemukan di perairan Inggris, itupun ditemukan juga dalam kondisi sudah membangkai pada 2013.

SHARE