DNA Hiu Terancam Punah Ditemukan dalam Makanan Hewan Peliharaan

Penulis : Tim Betahita

Konservasi

Senin, 07 Maret 2022

BETAHITA.ID -  Studi terbaru mengungkap makanan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing mengandung hiu yang terancam punah. Pemilik disebut tidak menyadari hal ini ketika memberi makanan kepada hewan.

Para ilmuwan menemukan bahwa beberapa merek mengandung spesies yang terancam punah. Namun perusahaan manufakturnya hanya mencantumkan bahan-bahan yang tidak jelas seperti “ikan laut”. Ini berarti konsumen sering tidak menyadari.

“Mayoritas pemilik hewan peliharaan kemungkinan besar adalah pecinta alam, dan kami pikir sebagian besar akan terkejut mengetahui bahwa mereka secara tidak sadar berkontribusi terhadap penangkapan berlebih populasi hiu,” kata penulis studi, Ben Wainwright dan Ian French, dikutip The Guardian, Jumat, 4 Maret 2022. Keduanya berasal dari Yale-NUS, universitas di Singapura.

Populasi hiu terus dieksploitasi, dengan penurunan lebih dari 70% dalam 50 tahun terakhir. Sebagai pemangsa puncak, hewan ini sangat penting untuk keseimbangan rantai makanan laut. Hilangnya hiu telah berdampak buruk pada padang lamun dan terumbu karang.

Hiu martil jenis Eusphyra blochii merupakan hewan terancam punah dalam daftar IUCN. Studi terbaru mengungkap DNA hiu ini ditemukan dalam makanan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Foto: KKP

Penjualan sirip hiu telah dipublikasikan secara luas. Namun menurut studi ini, ada kontributor yang secara diam-diam menggunakan produk hiu dalam barang sehari-hari seperti makanan hewan dan kosmetik.

Dengan menggunakan kode batang deoxyribonucleic acid (DNA, para ilmuwan menguji 45 produk makanan hewan peliharaan dari 16 merek di Singapura. Sebagian besar produk menggunakan istilah umum seperti "ikan", "ikan laut", "umpan putih" atau "ikan putih" dalam daftar komposisi untuk menggambarkan isinya, dengan beberapa daftar khusus seperti tuna atau salmon. Sementara itu lainnya tidak menunjukkan ikan sama sekali.

Dari 144 sampel yang diurutkan, sebanyak 45– kira-kira sepertiga – mengandung DNA hiu. Spesies yang paling sering diidentifikasi adalah hiu biru, hiu sutra, dan hiu karang sirip putih. Hiu sutra dan hiu karang sirip putih terdaftar sebagai "rentan" dalam daftar merah Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN). Produk yang mengandung DNA dari hiu musang sirip sabit, hiu hidung tajam Karibia dan hiu macan pasir – semua spesies yang rentan – juga diidentifikasi.

Penulis menduga bahwa daging tersebut dapat diambil dari bangkai hiu yang akan dibuang setelah siripnya yang berharga dihilangkan, atau dapat mencerminkan berkembangnya perdagangan daging hiu. Mereka menyerukan pelabelan bahan yang lebih akurat sehingga orang tahu apa yang mereka berikan kepada hewan peliharaan mereka dan dari mana asalnya.

Dr Andrew Griffiths, seorang ahli ekologi di University of Exeter, mengatakan penelitian terbaru yang diikuti penelitian oleh timnya dan lainnya mengungkapkan keberadaan DNA hiu dalam produk makanan untuk konsumsi manusia, termasuk penjualan dogfish berduri dan daging hiu martil dalam di toko camilan fish and chip.

Kurangnya aturan tentang pelabelan khusus untuk makanan hewan berarti berbagai spesies rentan dapat dimasukkan secara legal. “Tidak ada aturan khusus yang melarangnya,” katanya. “Anda bisa tanpa disadari mendapatkan ikan apa saja.”

Selain perdagangan sirip hiu yang menguntungkan, daging hiu umumnya bernilai cukup rendah, kata Griffiths, dan bisa menjadi sumber protein yang murah.

"Banyak orang tidak mau memakannya," katanya. “Jadi Anda tidak bisa serta merta menjualnya melalui rantai pasok lainnya. Ini mengejutkan orang-orang bahwa hal-hal ini dapat muncul di piring hewan peliharaan mereka.”

Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Marine Science.

The Guardian